Jumat 27 Mar 2015 10:53 WIB

Panduan Orang Tua Baru untuk Bijak dalam Gunakan Medsos

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Hidup dengan media sosial tak selalu buruk, pastikan terjadi keseimbangan antara dunia nyata dan dunia online.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Hidup dengan media sosial tak selalu buruk, pastikan terjadi keseimbangan antara dunia nyata dan dunia online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah memiliki bayi, orangtua baru pasti akan merasa khawatir untuk memposting segala sesuatu mengenai bayinya.

Berikut beberapa panduan bagi orang tua baru agar aman dalam menggunakan media sosial, dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (27/3).

Unggah foto bayi di media sosial secara aman

Anda mungkin sebelumnya tidak terpikir pada pengaturan privasi pada akun, namun Anda bisa mulai menggunakannya ketika ingin mengunggah foto bayi dan memikirkan potensi buruk yang bisa terjadi. Misalnya, mungkin ada beberapa teman online Anda yang belum dikaruniai anak dan tidak siap dibagi kebahagian foto-foto bayi di media sosial. Mungkin juga Anda terhubung dengan orang-orang yang tidak dikenal dan tidak ada jaminan orang-orang tersebut tidak akan mengambil foto bayi Anda untuk disalahgunakan. Pada dasarnya Anda memiliki dua pilihan untuk mengunggah foto dengan aman. Pertama, Anda dapat mengaktifkan pengaturan privasi yang lebih ketat di akun media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Snapchat. Kedua, Anda dapat menggunakan layanan berbagi foto yang lebih aman seperti Flickr, Photobucket atau Famipix. Dalam layanan ini, Anda diberikan keleluasaan untuk memilih kepada siapa saja anda akan berbagi foto.

Jangan mudah percaya

Sebagai orangtua baru, Anda akan rentan khawatir pada bayi. Terkadang, media sosial justru membantu memberikan solusi dari masalah-masalah Anda. Namun, jangan mudah percaya dengan siapapun dan apapun yang Anda temukan di media sosial sebelum mengkonfirmasinya dengan ahli. Hal-hal utama dalam kehidupan orangtua baru sering kali kita temukan dalam media sosial, melalui layanan share atau melalui teman online, seperti mengenai pola makan, kesehatan dan keselamatan anak, dan tips lainnya.

Hindari berbagi foto secara berlebihan

Orangtua baru perlu bijaksana dalam mengunggah foto anak, mengapa dan kepada siapa foto itu dibagikan. Jangan sampai berbagi foto secara berlebihan seperti mengunggah foto anak dengan kotoran dan foto anak sedang melakukan apapun di media sosial. Untuk mengindari hal yang buruk, jika tetap ingin berbagi pastikan juga anda hanya berbagi dan berinteraksi dengan teman-teman atau keluarga anda.

Hati-hati membuat akun atas nama anak

Sejumlah orangtua membuat akun khusus bagi anak-anaknya, meskipun anak mereka masih bayi. Tanpa disadari ada beberapa risiko dari pembuatan akun tersebut jika orangtua tidak mempertimbangkan hal-hal berikut ini. Pertama, hindari mengunggah foto bayi sedang mandi di bak, sebab anak Anda jika sudah besar nanti tidak akan suka foto itu dibagikan di media sosial. Kedua, ingat keamanan bayi anda karena ada beberapa orang yang bisa melakukan pelacakan bayi secara online di media sosial untuk tujuan yang tidak baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement