Ahad 22 Mar 2015 07:37 WIB

Paraguay Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia

Rep: C09/ Red: Angga Indrawan
Peta Paraguay. Ilustrasi.
Foto: mantleplumes.org
Peta Paraguay. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Sebuah studi baru yang dilakukan oleh lembaga survey Gallup menempatkan Paraguay sebagai negara yang paling bahagia di dunia. Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (21/3), ini pertama kalinya negara Amerika Latin menduduki urutan pertama dalam indeks.

Sedangkan negara yang memiliki tingkat kebahagiaan paling rendah ditempati oleh negara-negara Afrika, yaitu Sudan dan Tunisia. Hal itu disinyalir akibat banyaknya serangan terorisme di dua negara beberapa waktu belakangan ini.

Amerika Serikat berada di urutan ke 15 dengan skor indeks 78. Inggris berada di urutan lebih rendah dari Amerika, yaitu urutan 43 dengan skor indeks 75.

Penelitian Gallup dilakukan dengan menyurvei negara dan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada penduduknya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut di antaranya meliputi pertanyaan-pertanyaan menyangkut pola hidup bahagia dan tidak bahagia.

Survey dilakukan dengan cara wawancara langsung atau via telepon. Lebih dari 70 persen orang di seluruh dunia mengatakan mereka mendapatkan rasa hormat, istirahat yang cukup, dan selalu tersenyum setiap hari.

Responden juga ditanya mengenai pengalaman emosional mereka dalam sisi positif dan negatif. Hasilnya, negara-negara di Timur Tengah, Afrika Utara dan Eropa Timur umumnya berada di urutan rendah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement