Rabu 18 Mar 2015 10:02 WIB

Berpikir Positif Timbulkan Efisiensi Kerja Lebih Baik

Rep: MGROL 33/ Red: Indira Rezkisari
Wanita karier bugar/ilustrasi
Foto: bananatechs.com
Wanita karier bugar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak manfaat jika Anda berpikir positif dalam kondisi dan tempat apapun. Karena berpikir positif akan membuat Anda lebih bahagia.

Penelitian yang dilakukan oleh Michigan University menemukan, komentar negatif yang digabungkan dengan strategi bisnis dan kerja akan menyebabkan sikap defensif, kelelahan mental, dan pada akhirnya menurunkan kinerja. Berpikir positif pada setiap pesan yang Anda sampaikan dengan solusi yang membangun, akan membuat Anda lebih bahagia dan lebih efisien di lingkungan kerja Anda. Serta hal tersebut mampu membantu Anda untuk bersosialisasi dengan mudah dengan rekan kerja Anda.

Menurut Professor Russell Johnson, karyawan yang terlalu sering berbuat kesalahan dan sering menjadikan kekurangannya sebagai acuan maka akan merasakan ketegangan dalam setiap hubungan mereka di kantor. Johnson juga menyarankan Anda agar selalu berpikir dua kali setiap ingin melakukan kritik kepada setiap rekan kerja Anda yang berbuat kesalahan.

"Pesan ini bukan untuk berhenti meningkatkan kekhawatiran dalam kekhawatiran di perusahaan. Namun, dengan tidak mengkritik itu bisa sangat bermanfaat. Tapi terus berfokus pada hal yang negatif dapat memiliki efek yang merugikan bagi Anda," kata Johnson, seperti dikutip, dari laman Shape, Rabu (18/3).

Jika Anda ingin mengkritik, lebih lanjut Johnson mengatakan, coba sampaikan dengan cara-cara yang positif. Kritik misalnya bisa diutarakan untuk meningkatkan kinerja mitra Anda yang berbuat salah. Jika perlu berilah beberapa pujian kepadanya. Dengan fokus pada cara-cara positif Anda akan mampu membantu bisnis perusahaan maupun alur kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement