Selasa 17 Mar 2015 13:40 WIB

Trik Belanja yang Harus Anda Tahu

Perempuan hobi belanja.
Foto: Republika/Prayogi
Perempuan hobi belanja.

REPUBLIKA.CO.ID, Ini peringatan bagi para pehobi belanja yang cerdik. Para penjual menggunakan trik subliminal untuk membuat Anda merogoh kocek lebih banyak lagi dari yang direncanakan.

Tapi mengetahui apa yang terjadi adalah setengah dari pertempuran. Dari seorang ekonom perilaku, Dan Ariely, juga penulis buku Predictably Irrational: The Hidden Forces That Shape Our Decisions, kita harus mengetahui 5 teknik paling licik dalam hal belanja seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Paling banyak

Hati-hati jika Anda melihat tanda “maksimal 12 item untuk setiap pelanggan”. Ini biasanya diperhitungkan untuk membuat Anda merasa adanya kekurangan stok. Namun apakah Anda benar-benar membutuhkan semua sampo tersebut?

Sejajar mata

Mereka menempatkan stok barang yang paling menguntungkan sejajar dengan pandangan mata. Carilah penawaran terbaik di atas ataupun di rak paling bawah.

Harga sedang

Bila ada 3 produk serupa dengan 3 harga berbeda, kebanyakan pembelanja akan mengambil model dengan harga sedang, tapi tidak mencari tahu mana yang penawarannya paling bagus. Para penjual menyadari hal ini dan seringkali menaruh barang yang ingin mereka jual di samping barang yang berharga lebih tinggi dan lebih rendah.

Sulit ditemukan

Barang-barang penting -seperti barang yang memang membuat Anda datang ke toko untuk membelinya- seringkali diletakkan di tempat yang paling sulit ditemukan. Semakin banyak lorong yang Anda lewati, maka semakin banyak pembelian tidak terduga yang Anda akan lakukan.

Ukuran dorongan

Ukuran kereta belanja itu penting. Kereta belanja berukuran semakin besar, dan itu bukan hanya untuk kenyamanan Anda. Kereta belanja dalam ukuran sangat besar membuat Anda merasa berbelanja sedikit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement