Ahad 15 Mar 2015 07:37 WIB

Galeri-Galeri Besar Dunia Ini Larang Penggunaan Tongkat Selfie

Rep: MG ROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah galeri besar dunia melarang penggunaan tongkat selfie, salah satunya di Museum Guggenheim AS.
Foto: Reuters
Sejumlah galeri besar dunia melarang penggunaan tongkat selfie, salah satunya di Museum Guggenheim AS.

REPUBLIKA.CO.ID, Hati-hati jika Anda hobi ber-selfie ria ketika berkunjung ke suatu tempat. Pasalnya, Galeri Nasional di London dan beberapa museum terkenal lain di dunia kini mengecam pengunjung yang berfoto menggunakan tongkat selfie. Bahkan, British Museum juga tengah mempertimbangkan hal serupa.

Galeri-galeri tersebut mengumumkan adanya pelarangan berfoto menggunakan tripod maupun perangkat lain yang memungkinkan penggunanya dapat memegang smartphone maupun kamera dalam jarak tertentu. Lalu, mengambil gambar diri mereka sendiri maupun bersama teman-teman mereka.

“Fotografi diizinkan untuk pribadi dan bukan untuk alasan komersial di Galeri Nasional. Namun ada beberapa pengecualian, misalnya dalam hal melindungi lukisan, hak cipta, privasi pribadi, atau segala hal yang menyangkut kehidupan pengunjung. Meski begitu, penggunaan flash dan tripod tetap tidak diizinkan,” jelas juru bicara wanita Galeri Nasional tersebut, dilansir dari The Guardian, Ahad (15/3).

Pelarangan tongkat selfie tersebut juga telah diterapkan di beberapa museum seni terkenal seperti Museum of Modern Art, The Guggenheim, dan The Frick. Museum di Kanada dan Australia pun juga melakukan hal yang sama.

Meski begitu, Galeri Portrait Nasional di London masih bersikap ‘lembut’ kepada pengguna tongkat selfie. “Di Galeri Portrait Nasional, kami menyadari ada beberapa pengunjung yang menggunakan tongkat selfie. Ini menunjukkan bahwa pengunjung kita menikmati kunjungannya, dan segala hal yang mungkin mengganggu bisa ditinjau kembali,” jelas juru bicara galeri tersebut. 

Bahkan, penggunaan tongkat selfie di Museum Louvre Paris pun masih diizinkan. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement