Rabu 18 Feb 2015 08:25 WIB

Khasiat Mentimun untuk Kulit dan Tubuh

Rep: C09/ Red: Yudha Manggala P Putra
Mentimun
Foto: Allwomenstalk
Mentimun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan cara dikonsumsi atau diterapkan ke wajah, mentimun diketahui sangat baik bagi kesehatan. Masker mentimun, misalnya, dapat mengganti kebiasaan perempuan menghamburkan uang di salon untuk melakukan perawatan kulit.

Cuaca yang tidak menentu seperti saat ini dipastikan akan memberikan dampak buruk bagi kulit dan mentimun mampu membantu mencegah hal itu terjadi. Mentimun memberikan efek lembut dan sejuk jika disimpan langsung di atas kulit. Dilansir dari Beauty Health Tips, berikut resep membuat masker mentimun yang mudah diaplikasikan ke wajah untuk mengatasi kulit berminyak.

Campurkan satu sendok teh kunyit yang telah dihaluskan dengan setengah gelas parutan mentimun. Lalu tambahkan satu sendok air perasan lemon. Aduk rata campuran tersebut dan terapkan pada wajah selama 15 menit. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat. Campuran masker tersebut juga bisa ditambahkan dengan telur untuk hasil maksimal.

Mentimun mengandung karoten sebagai anti oksidan, vitamin C, vitamin A, Zea-xanthin dan lutein yang mampu melawan radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Mentimun juga kaya akan vitamin E yang baik untuk peremajaan kulit.

Selain dijadikan masker wajah, mengonsumsi mentimun juga sangat baik dilakukan kapanpun dan di manapun dan yang paling mudah adalah mencampurkan mentimun di dalam salad. Mentimun diketahui berguna untuk meredam kadar kolesterol dan kulitnya kaya akan serat yang dapat mengatasi sembelit.

Manfaat lain dari mentimun adalah tingginya kandungan kalium yang berfungsi sebagai elektrolit intraselular. Sehingga dapat membantu menyembuhkan hipertensi dan penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement