Sabtu 07 Feb 2015 11:34 WIB

Benahi Aturan Perfilman, Harapan Mike Lucock dari Pemerintah

Rep: CR05/ Red: Winda Destiana Putri
Mike Lucock
Mike Lucock

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pegiat industri perfilman, aktor Mike Lucock berharap pemerintah membenahi beberapa peraturan atau kebijakan di bidang yang digelutinya. Sebagai contoh, membenahi aturan penjualan tiket dan pajak film.

"Misalnya penjualan tiket film Indonesia bisa lebih ringan dibanding harga tiket film luar negeri," ujar Mike di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mike mencontohkan Singapura yang telah menerapkan kebijakan seperti demikian. Bahkan di negeri Singa Putih itu, hampir seluruh rakyat bisa menonton film tanah air mereka sendiri secara gratis.

Ia berharap kebijakan pemerintah lebih meringankan beban masyarakat termasuk akses terhadap film layar lebar. Pemain film Habibi dan Ainun ini juga berharap ada semacam dukungan agar masyarakat mau memahami bentuk dan tujuan sebuah film.

Adapun terkait pajak film, kata dia, para sutradara atau produser yang lebih paham. Namun tak jarang para sutradara itu juga mengeluhkan kebijakan pajak ini.

"Kami juga banyak mempelajari hak bangsa bukan hanya sebagai penghibur, kami belajar bersama masyarakat," tambah aktor 28 tahun itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement