Jumat 06 Feb 2015 17:33 WIB

Remaja Perlu Ini untuk Hindari Peer Pressure

Rep: MG ROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Remaja membutuhkan pengakuan dari lingkungannya untuk merasa diterima dan lebih menonjol diantara teman sebayanya.
Foto: Antara
Remaja membutuhkan pengakuan dari lingkungannya untuk merasa diterima dan lebih menonjol diantara teman sebayanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Kebanyakan remaja mengalami peer pressure atau yang lebih dikenal dengan tekanan dari teman sebaya. Tekanan tersebut dapat membuat mereka melakukan sesuatu yang belum tentu sesuai dengan dirinya, tapi terpaksa dilakukan demi bisa diterima dalam kelompok.

Menurut psikolog remaja Ajeng Raviando, remaja membutuhkan pengakuan dari lingkungannya untuk merasa diterima dan lebih menonjol diantara teman sebayanya. "Masa remaja merupakan masa transformasi yang rentan dengan tekanan dan gejolak," ungkapnya.

Remaja perempuan sangat rentan akan gejolak, terutama saat bersama teman sepermainannya. Keinginan tampil cantik salah satunya. Keinginan itu dapat membuat remaja tertekan, karena masa remaja mengalami perubahan pada kulit.

"Remaja perempuan masa kini memiliki karakter yang unik, mempunyai rasa percaya yang tinggi, ambisius, sekaligus berorientasi tim, namun cenderung ingin yang serba instan. Padahal untuk cantik memerlukan proses," tambahnya.

Remaja perempuan memerlukan penerimaan terhadap dirinya. Mereka harus memahami dirinya sendiri dan membangun pikiran positif. "Agar ada penerimaan terhadap dirinya, ia harus memahami bahwa remaja perempuan membutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit wajahnya agar dapat tampil cantik alami tanpa perlu bantuan kosmetik maupun aplikasi," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement