Jumat 06 Feb 2015 09:24 WIB

Perempuan Ini Berambisi Menjadi Ibu Pertama Manusia Mars

Maggie Lieu
Foto: mirror
Maggie Lieu

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON—Meski belum terbukti planet Mars bisa ditinggali oleh manusia, namun ilmuwan astronomi asal Inggris Maggie Lieu (24 tahun) bercita-cita melahirkan di planet merah tersebut.

Lieu yang juga kandidat Ph. D dari Birmingham University ini memang termasuk anggota dari Mars One Project. Bersama 600 orang ilmuwan lainnya, mereka meyakini planet Mars bisa menjadi koloni permanen pada tahun 2025 kelak.

Bahkan bulan depan, Lieu bersama 39 orang lainnya akan menjalani pelatihan perjalanan menuju Mars.

“Untuk memulai sebuah koloni, tentunya kita harus mempunyai anak di Mars. Riset ini sangat menantang. Belum ada penelitian tentang melahirkan di tengah tingkat gravitasi yang rendah. Saya ingin melahirkan anak pertama saya disana sehingga menjadi orang Mars pertama,” papar Lieu dilansir Mirror, Jumat (6/2).

Lieu pun tak merasa khawatir untuk membesarkan anaknya di Mars. Meski faktanya, ancaman kelaparan, dehidrasi, hingga kematian rentan terjadi karena efek radiasi tinggi. bahkan suhu udara disana diprediksi bisa mencapai minus 81 derajat Fahrenheit.

"Saya pikir, kondisi lingkungan serta hubungan sosial di Mars tak jauh berbeda dengan di bumi,” ungkapnya pada the Coventry Telegraph.

Proyek Mars One yang diikuti Lieu direncanakan akan mengirim beberapa kendaraan tak berawak pada tahun 2018 mendatang. Baru kemudian pada tahun 2024, sekelompok manusia pertama akan dikirim ke Mars. Selanjutnya, setiap dua hingga empat tahun, sekelompok manusia akan menyusul kesana.

Lieu pun mempersiapkan dirinya dengan sejumlah kemampuan baru di bidang pengobatan, pertanian, pertukangan, hingga elektronika sebagai bekal menuju Mars.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement