Jumat 06 Feb 2015 05:32 WIB

Cetak Rekor, Jam Tangan Paling Rumit Terjual Hingga 24,4 Juta Dolar

Rep: C01/ Red: Julkifli Marbun
Jam tangan (ilustrasi).
Foto: topwalls.net
Jam tangan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SWITZERLAND - Arloji buatan tangan paling rumit di dunia berhasil terjual dalam sebuah lelang. Jam rumit ini terjual dengan harga fantastis, yaitu 24,4 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 307 miliar.

Jam tangan bernama The Henry Graves Supercomplication merupakan karya pembuat jam mewah Patek Philippe. Jam buatan tangan ini dibuat pada 1933. Patek Philippe membuat The Henry Graves Supercomplication khusus untuk seorang bankir terkemuka Henry Graves. Saat ini, jam tangan The Henry Graves Supercomplication tersebut telah terjual melalui sebuah lelang yang dilaksanakan di Sotheby's di Switzerland. Akan tetapi, identitas pembeli jam ini belum diketahui.

Penjualan jam ini telah mengalahkan rekor penjualan jam sebelumnya dalam sebuah lelang. Jam yang dijual dalam lelang tersebut merupakan jam The Henry Graves Supercomplication yang sama. Pada 1999, jam itu terjual kepada Sheikh Saud Bin Mohammed Bin Ali Al-Thani dari keluarga bangsawan Qatari dengan harga 11 juta dolar Amerika.

Dilansir dari CNN, Jam rumit ini dinobatkan sebagai jam terumit di dunia karena terdiri dari 900 bagian. Berdasarkan pernyataan Sotheby's, jam ini merupakan karya jam tercanggih tanpa bantuan komputer yang pernah ada. Jam ini sempat mengalami kerusakan pada 1969, akan tetapi susunannya masih tetap baik.

Pembuatan jam rumit ini memakan waktu cukup lama. Patek Phillipe membutuhkan waktu selama delapan tahun untuk bisa membuat jam ini. Jam ini pertama kali dipesan pada 1925 lalu dan baru diselesaikan dan dikirim pada 1933.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement