Kamis 05 Feb 2015 18:49 WIB

Pentingnya Merawat Kulit Sejak Dini

Rep: MG ROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Remaja perempuan perlu merawat sejak dini juga mengetahui tipe kulitnya agar mendapat perawatan yang sesuai.
Foto: pixabay
Remaja perempuan perlu merawat sejak dini juga mengetahui tipe kulitnya agar mendapat perawatan yang sesuai.

REPUBLIKA.CO.ID, Masa remaja adalah saat ketika perempuan mengalami banyak permasalahan kulit. Problema tersebut seperti jerawat, munculnya bintik hitam, kulit berminyak, dan kulit kering.

Kulit memang perlu dirawat sejak dini untuk memaksimalkan potensi kecantikan dan bukan hanya ditutupi dari luar. Dokter kecantikan kulit dan kelamin dr R Amanda sumantri mengatakan, permasalahan kulit pada remaja bergantung dengan tipe kulitnya.

Namun, 85 remaja Indonesia umumnya bertipe kulit berminyak. Hal ini disebabkan karena ketidakseimbangan hormonal yang menyebabkan produksi minyak bertambah. "Sehingga menimbulkan jerawat dan bekas jerawat tersebut akan meninggalkan noda hitam atau kemerahan," katanya dalam acara Pond's White Beauty', Kamis (5/2).

Amanda kemudian membagi jenis produk yang cocok untuk setiap kulit. Produk yang cocok untuk kulit berminyak adalah produk yang tidak menyebabkan kulit menjadi kering. Meski berminyak, pelembab tetap harus dikenakan. Tujuan mengenakan pelembab pada kulit berminyak adalah untuk menarik minyak pada kulit.

"Produk pelembab yang cocok untuk kulit berminyak adalah produk yang berbahan dasar krim, gel, atau lotion," tambahnya.

Banyak remaja yang menutupi keluhan kulitnya dengan bedak, concealer, atau foundation. Padahal, produk tersebut dapat memperburuk kondisi kulit berminyak karena menutupi pori-pori kulit.

"Kulit harus dirawat sesuai tipe kulit, sehingga bebas masalah dan tercipta kulit sehat," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement