Rabu 04 Feb 2015 17:01 WIB

Hindari Tekanan Finansial dengan Trik Ini

.
Foto: Republika/Prayogi
.

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi banyak pasangan, keuangan adalah isu pelik. Tekanan ekonomi global memperburuk kondisi keuangan yang bagi sejumlah suami istri sudah sulit.

Tapi, untuk mengatasinya suami istri tidak sekadar membutuhkan komitmen bersama. Mereka juga perlu tahu beberapa trik mengatasi tekanan finansial bagi kehidupan rumah tangga. Berikut caranya, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Jaga pengeluaran

“Kebanyakan orang sadar akan pengeluaran besar mereka, seperti membayar kredit rumah, tapi mereka tidak sadar bahwa biaya laundry atau makan di luar dapat menjadi tambahan besar,” ujar Sandra Wang, perencana keuangan di Palo Alto, California.

Dia menyarankan untuk merencanakan dengan matang setiap uang yang masuk dan keluar dalam dua bulan. Dan saat Anda berdua merasa relatif tenang, bicarakan mengenai apa yang benar-benar Anda berdua butuhkan dan apa yang tidak primer. Adakah hal yang bisa dipilah-pilih, setidaknya untuk saat ini?

Bicarakan pemasukan tambahan

Buat lamaran pekerjaan, lakukan beberapa penelitian, dan pertimbangkan pelatihan ulang di bidang yang menjanjikan. Kelli Guytan mengambil sertifikasi kursus online di bidang pembiayaan dan pengkodean medis dan kini menjadi optimis dengan mencari pekerjaan saat ia lulus nanti.

“Orang membuka lowongan untuk bidang kesehatan di Texas,” ungkapnya. “Saya rasa hasilnya adalah uang dan waktu yang terpakai dengan baik.”

Kemerosotan ekonomi justru menjadi pendorong bagi Dina Crowell, seorang ibu dari empat orang anak di Fredericksburg, Virginia, untuk membawa hobinya memasak ke level berikutnya. “Saya selalu berencana untuk memulai sebuah bisnis kue saat anak terkecil saya sedang berada di luar rumah,” ujar Crowell.

“Hingga mendadak perusahaan suami saya menurunkan gajinya sehingga kami tidak memiliki cukup uang untuk bertahan hidup.” Saat ini, dia lebih sukses dengan bisnisnya sendiri, Buttercream Bakehouse, yang selalu ia impikan.

Rayakan hubungan Anda dengan sebuah cara yang tidak menghabiskan banyak uang

“Suami saya dan saya membuat cara tersendiri untuk memiliki waktu berkualitas bersama setidaknya seminggu sekali,” ujar Desrosiers. “Mungkin cara ini tidak terdengar romantis, tapi kami memiliki waktu yang indah dengan memutar CD kesukaan kami sambil mengatur foto keluarga kami ke dalam album dan bernostalgia tentang semua hal menyenangkan yang pernah kami lalui.”

Mereka juga mulai memiliki tradisi memasak sajian penutup spesial untuk satu sama lain. Tapi aktivitas yang menurut mereka paling berarti adalah “surat prediksi” yang mereka tulis–untuk dibuka di tanggal-tanggal penting, misalnya pada hari ulang tahun pernikahan mereka yang ke-10. “Kami memasukan detil mengenai akan kemana kami nantinya dan apa yang mungkin terjadi kepada kami semua di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuat perayaaan tersebut menjadi benar-benar spesial bagi kami.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement