Ahad 01 Feb 2015 21:29 WIB

Ini Cara Cegah Kecelakaan Saat Hujan

Rep: c09/ Red: Maman Sudiaman
Mengemudi butuh konsentrasi. Ilustrasi
Foto: rebuild-your-vision.com
Mengemudi butuh konsentrasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hujan yang terus mengguyur Jakarta dan sekitarnya dengan intensitas ringan hingga tinggi, memperbesar potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Mengemudi saat hujan bisa jadi sesuatu yang mengerikan jika pengemudi tidak berhati-hati.

Ada kalanya pengemudi sulit untuk melihat keluar kaca mobil, terutama ketika malam hari dan dengan lampu penerangan yang redup. Berikut cara mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas saat hujan, dilansir dari Wikihow, Ahad (1/2).

Pertama, pegang erat kemudi dengan kedua tangan. Jangan sampai pengemudi tergoda dengan sejumlah gangguan, seperti ponsel dan radio. Pengemudi sebaiknya tetap memfokuskan pandangan ke depan dan ke kaca spion. Dengan demikian, pengemudi dapat memiliki pandangan yang luas saat mengendarai mobil dan dapat segera mengetahui ketika sewaktu-waktu bencana yang disebabkan oleh hujan terjadi, seperti pohon tumbang, longsor, kabel listrik putus, dan lainnya.

Kedua, nyalakan lampu depan kendaraan saat hujan besar, bahkan di siang hari. Dengan demikian, pengemudi lain dari arah berlawanan akan mendeteksi dengan cepat adanya kendaraan yang kita bawa. Selain itu, pengemudi juga akan memiliki jarak pandang lebih jauh sehingga dapat terhindar dari bertubrukan dengan kendaraan lain.

Ketiga, atur jarak dengan kendaraan di depan ketika cuaca sedang buruk. Jika jarak terasa terlalu dekat atau terlalu jauh, pengemudi bisa mengaturnya dengan mengira-ngira, idealnya kendaraan satu dengan yang lainnya berjarak sepanjang lima mobil berjajar. Jarak yang aman akan menghindari pengemudi dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Keempat, cek kondisin ban sebelum bepergian. Kecepatan maksimum yang dicapai saat berkendara akan berpengaruh dengan kondisi ban. Pengemudi harus memastikan ban berada dalam kondisi yang baik untuk dipakai di saat hujan. Selain itu, kecepatan kendaraan juga harus diperhatikan agar tidak berpengaruh pada performa ban saat dipakai.

Kelima, hindari jalan-jalan yang tergenang air. Pengemudi sebaiknya menghindari ruas-ruas jalan yang banjir, kecuali tidak ada pilihan  jalan lain. Banjir dapat menyebabkan kendaraan rusak, dan ketinggian air yang cukup dalam akan membuat kendaraan mengapung, tidak menyentuh dasar jalan.

Kewaspadaan yang tinggi dari pengemudi sangat dibutuhkan saat berkendara di dalam cuaca hujan. Selain itu, persiapan kendaraan juga menjadi faktor penting agar seluruh penumpang kendaraan dapat sampai ke tujuan dengan selamat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement