Ahad 01 Feb 2015 08:46 WIB

Cara Alami untuk Sehatkan Kuku

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Kuku tangan
Foto: blogspot
Kuku tangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kondisi kesehatan Anda menurun, Anda mungkin menemukan kuku Anda juga lemah, bergerigi atau bersisik.

Ahli kecantikan Australia, Melanie Lachal mengatakan kondisi tubuh, seperti banyak mengonsumsi obat, stres, kehamilan, diet berlebihan, dan menopouse bisa memengaruhi kesehatan kuku setiap hari.

Selain menjaga pola makan sehat dan gaya hidup yang masuk akal, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda terapkan guna mendapatkan kuku sehat dan indah, dilansir dari Body and Soul, Ahad (1/2).

Oleskan minyak

Oleskan minyak berbahan dasar almond ke kutikula dan kuku pirang Anda setiap hari. Ini akan menebalkan kuku dan menyediakan makanan cukup untuk lempengan kuku. Pastikan juga memijat kuku Anda dengan baik.

Berhenti memotong kuku

Jika kuku Anda terlalu rapuh, Anda harus melupakan gunting kuku, gunting, bahkan gigi Anda. Pergilah ke salon untuk menyelamatkan kuku Anda sebelum rusak. Bantuan profesional akan menggunakan alat dan cara-caralembut untuk menyembuhkan kuku Anda.

Gunakan buff up

Menggunakan penyangga (buff up) pada kuku kasar bisa didapatkan di salon. Ini membantu meningkatkan sirkulasi zat-zat yang diperlukan kuku Anda, juga menghaluskan lempeng kuku. Kuku Anda juga akan mengilap dan indah.

Cat kuku

Oleskan cat kuku di antara manikur yang memang tujuannya sebagai base coat alias mantel dasar untuk kuku. Ini akan membuat kuku Anda bertahan lebih lama dan lebih kuat.

Suplemen

Jika Anda mau, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu memperkuat dan memelihara kuku Anda. Ada berbagai merek, seperti Blackmores Hair, Skin and Nails, dan Silica Compound.

Hindari kuku palsu

Jauhkan jari Anda dari kuku palsu alias kuku akrilik, gel poles, dan lak. Ini akan mengganggu pertumbuhan kuku Anda. Untuk kesehatan Anda juga tidak baik. Biarkan kuku Anda berkembang alami.

Stop peeling

Jangan pernah mengupas cat kuku dengan cara sembarangan. Gunakan non-aseton nail polish remover. Ini akan menghilangkan cat kuku secara efektif tanpa mengganggu lempeng kuku.

Bersabar

Jika Anda menggunakan cat kuku, maka gunakan saja yang konvensional. Cat kuku konvensional memang mengering sedikit lebih lama dari cat kuku terbaru lainnya. Ketahuilah, semakin cepat cat kuku kering, maka itu juga bisa mengeringkan kuku Anda. Cobalah sedikit bersabar jika menggunakan cat kuku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement