Kamis 29 Jan 2015 04:55 WIB

Karya Ismail Marzuki Diaransemen Jazz dan Orkestra

addie ms
Foto: republika
addie ms

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah lagu karya Ismail Marzuki diaransemen dengan musik jaz dan klasik orkestra oleh Addie Muljadi Sumaatmadja.

Lagu-lagu tersebut diaransemen untuk album terbaru sang istri Meidyana Maimunah, yang berjudul Lief Java. "Aku tuh suka jaz, Mas Addie kan orkestra, jadi kita gabungkan, ini 'the whole album'," kata Meidyana Maimunah, yang akrab disapa Memes itu yang meluncurkan album kesembilan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Rabu (29/1).

Sebanyak sembilan lagu karya Ismail yang diaransemen itu adalah Payung Fantasi, Saputangan dari Bandung Selatan, Juwita Malam, Dari Mana Datangnya Asmara, Tinggi Gunung Seribu Janji, Rindu Lukisan, Selendang Sutera, Sabda Alam, dan Bunga Anggrek.

Memes yang biasanya menyanyikan lagu pop itu, mengatakan hal tersebut memberikan nuansa yang berbeda pada aransemen lagu karya Ismail Marzuki yang sudah ada.

Addie mengatakan pemilihan lagu itu didasarkan pada pertimbangan artistik dan kesesuaian dengan warna suara Memes. "Kita pilih apa yang dinyanyikan Memes bagus," ujarnya.

Ia mengatakan lagu-lagu itu diaransemen dengan konsep jaz yang mudah dinikmati semua orang. "Main concept-nya tetap jazie orkestra namun easy listening, kita gak memaksa teknik komponis yang sulit," katanya.

Menurut dia, aransemen lagu Ismail Marzuki itu merupakan suatu tantangan mencoba hal baru dengan memadupadankan unsur musik jaz dan musik klasik orkestra.

"Bukan kesulitan tetapi tantangan yang berbeda saja, tiba-tiba sekarang pengen keluar rel, jangan mikir komersial terus albumnya meledak," ujarnya.

Ia mengatakan lagu-lagu yang diaransemen itu merupakan suatu wujud apresiasi bagi karya berharga Ismail Marzuki.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement