Jumat 23 Jan 2015 17:10 WIB

11 Perupa Gelar Pameran Seni Rupa Realistic di Kasongan

Rep: Heri Purwata/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Sebanyak 11 perupa akan menggelar pameran seni lukis, patung, kriya dan visual. Pameran bertajuk 'Realistic' digelar di Tahunmas Artroom Desa Wisata Kasongan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (24/1) hingga Sabtu (7/2).

Dijelaskan Timbul Raharjo, Ketua Panitia, pameran akan dibuka Sabtu (24/1).

Perupa asal Yogyakarta yang tampil adalah Ahmad Sobirin, Bodas Ludira Yudha, C Roadyn, Deddy PAW,  M Fadhlil Abdi, Daniel Morin, M Aidi Yupri, M Ifansyah R, Pupuk Daru Purnomo, Sentot Widodo, dan F Sigit Santosa.

Dijelaskan Timbul, dalam perspektif teknis, melukis atau mematung dengan gaya visual realistik tentu bukanlah hal yang mudah. Selain harus memiliki dasar pemikiran dan pengertian yang kuat, seorang pelukis yang berlandaskan gaya visual realistik memerlukan serangkaian “alat” serta kekhususan di dalamnya.

"Pameran ini dikemukakan sejumlah proses teknik realistik. Realistik merupakan metode melukis subjectmatter yang menekankan akurasi objek," kata Timbul.

Para perupa, lanjut Timbul, mengerjakannya menurut kenyataan yang berdasarkan observasi fisik: anatomi, warna, proporsi objek yang benar secara objektif. "11 perupa asal Yogyakarta yang berbasis gaya visual realistik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement