Jumat 23 Jan 2015 13:32 WIB

Tips Bugar Saat Musim Hujan

Rep: C15/ Red: Indira Rezkisari
Musim Hujan
Foto: ABCNews
Musim Hujan

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan Februari diperkirakan menjadi puncak musim hujan di Indonesia. Musim hujan membuat tubuh mudah tidak fit hingga rentan terserang penyakit.

Agar tetap fit di kala musim hujan, seperti dikutip dari laman Stayhealth, Jumat (23/1), ada berapa hal yang bisa diperhatikan.

Pertama, atur pola makan. Saat musim hujan kerapkali rasa lapar datang lebih dari biasanya, pola makan namun harus tetap bisa dijaga. Usahakan makan sesuai waktunya dan teratur.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus kaya serat dan nutrisi seimbang. Makan yang teratur akan memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh. Sistem pencernaan yang baik akan berdampak pada metabolisme tubuh yang baik pula.

Kedua, olahraga. Kala musim hujan, memang agak sulit melakukan kegiatan luar ruangan. Namun, olahraga tetap harus dilakukan meski cuaca kurang bersahabat. Olahraga yang teratur akan menjaga stamina tubuh.

Olahraga tidak perlu dilakukan dengan berat. Peregangan bisa dilakukan di kamar. Atau membiasakan jalan kaki menuju tempat kerja.

Ketiga, cukup istirahat. Kebiasaan begadang merupakan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu metabolisme tubuh. Jadi cukupkan waktu istirahat Anda minimal tujuh jam sehari.

Kebiasaan teratur dalam hidup dan cukup istirahat serta memberi nutrisi seimbang pada tubuh membuat tubuh anda akan fit meski musim hujan melanda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement