Jumat 16 Jan 2015 02:44 WIB

Hendak Main ke Taman, Seekor Anjing Bepergian Naik Bus Sendirian

Rep: c66/ Red: Mansyur Faqih
Eclipse, anjing pintar yang pergi menaiki bus sendiri tanpa didampingi pemiliknya
Foto: komonews
Eclipse, anjing pintar yang pergi menaiki bus sendiri tanpa didampingi pemiliknya

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Seekor anjing pasti memiliki cerita tersendiri. Seperti layaknya manusia, binatang pintar itu juga mempunyai kisah perjalanan berharga dalam kehidupan mereka.

Seperti yang terjadi pada anjing Labrador hitam bernama Eclipse. Pada satu hari yang unik, ia berpetualang sendirian di Kota Seattle, Amerika Serikat (AS).

Sebagai salah satu kota yang ramah terhadap binatang, seluruh transportasi publik di Seattle memungkinkan orang membawa peliharaan kesayang mereka. Anjing, sebagai binatang peliharaan yang populer diperbolehkan dibawa dalam bus umum. 

Namun, kisah Eclipse yang pergi menaiki bus sendiri tanpa didampingi pemiliknya baru pertama kali terjadi. Beberapa penumpang selama sekitar sepekan terakhir memperhatikan anjing itu naik dari kawasan Belltown hingga turun setelah melewati empat halte.

Kejadian unik ini pun terus terjadi, hingga banyak warga Seattle yang melihatnya. Seorang penyiar radio lokal bernama Miles Montgomery yang kebetulan menaiki bus saat Eclipse sedang berada di atasnya dalam perjalanan yang sama. Bahkan, lucunya hewan ini mengamati kursi kosong yang ada di sebelahnya.

"Sesaat setelah anjing itu memperhatikan kursi kosong, ia meloncat dan duduk manis di sebelah saya. Ia kemudian turun dan berhenti di halte yang dekat dengan taman," ujar Miles, dilansir Reuters,  Kamis (15/1).

Menurut Miles, sebelum hendak turun, Eclipse lebih dulu mengibaskan ekornya ke kanan dan kiri. Ia pun meloncat dan dengan gembira terlihat menuju taman yang memang berisi orang-orang dengan binatang peliharaan mereka. 

Kejadian menarik ini pun akhirnya dikemas Miles dalam siaran radionya. Banyak perhatian warga yang tertuju kepada Eclipse, seekor anjing yang mandiri dan tentu saja, cerdas.

Juru bicara transportasi publik Seattle King Country Transit pun mengatakan perjalanan Eclipse dalam bus kini sering didokumentasikan oleh banyak orang. Baik penumpang bus maupun sopir yang sedang bertugas saat itu dan tertarik melihat anjing pintar berpetualang sendirian seperti layaknya manusia.

"Tidak ada alasan meragukan kemandirian anjing ini. Tapi, ini memang kisah yang tidak biasa," ujar Jeff Switzer.

Pemilik Eclipse, Jeff Young pun menceritakan, hubungannya dan binatang peliharaannya itu sudah selayaknya teman. Seperti yang dilakukan dua orang berjanji, di mana saat waktunya tiba, Jeff datang untuk menjemput Eclipse di taman. Hal itu sudah sering dilakukan oleh keduanya.

"Kami seperti teman, biasa berpisah sementara waktu. Eclipse pergi bermain sendiri ke taman dengan bus tanpa aku, kemudian aku menjemput dia di tempat biasa," kata Jeff.

Ia tak memungkiri, beberapa kali sempat ditelepon oleh kerabatnya yang tak sengaja bertemu Eclipse di jalan. Mereka mengira bahwa anjing peliharaan Jeff tersebut sedang tersesat setelah pergi dari rumah.

"Beberapa menelepon saya dan mengatakan Eclipse di sini. Saya kemudian mengatakan dia tidak sedang tersesat, dia hanya bermain dan dia baik-baik saja," jelas Jeff.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement