Rabu 14 Jan 2015 16:27 WIB

Awal Tahun, Saatnya Lunasi Utang Kartu Kredit

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kartu kredit, ilustrasi
Foto: loktavia.blogspot.com
Kartu kredit, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Awal tahun adalah waktu yang tepat untuk membuat resolusi.  Salah satu resolusi yang wajib untuk dibuat adalah resolusi keuangan.  

Nah, kira-kira resolusi keuangan apa saja yang perlu diprioritaskan tahun ini? Perencana keuangan dari Tata Dana Consulting, Tejasari CFP memberikan tips terkait resolusi keuangan di tahun 2015.

Tejasari kepada ROL, Rabu (14/1), mengatakan yang utama dalam membuat resolusi keuangan di awal tahun adalah melunasi utang kartu kredit yang menggulung. Inilah target yang harus jadi prioritas utama tahun ini, bila memiliki utang kartu kredit yang belum dilunasi.

Utang kartu kredit yang menggulung, seperti beban yang terus menggondol. Apalagi kalau pembayarannya hanya batas minimal. Jumlah utang pun hanya berkurang sedikit sekali, tidak habis-habis. Memberatkan keuangan dengan bunganya yang tinggi. Bila hal ini terus berjalan, utang itu baru akan selesai bertahun tahun.

Tejasari meminta untu memaksa diri untuk mulai menghabiskan utang. Beberapa cara ini mungkin bisa digunakan.

- Jangan ragu untuk menguras tabungan untuk menyelesaikan utang ini. Kalau utang kartu kredit ini lunas, baru mulai isi lagi tabungan.

- Tidak punya uang di tabungan? Ayo jual barang-barang yang hanya mengendap di lemari dan tidak digunakan.

- Kencangkan ikat pinggang, bayar cicilan bulanan dengan jumlah lebih besar. Kalau perlu buat rencana penyelesaian hanya dalam enam bulan.

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit dan memiliki banyak utang, segeralah lunasi. Jangan sampai Anda terbelit utang dan menyengsarakan kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement