Senin 12 Jan 2015 21:45 WIB

Sepeda Berbahan Kardus Ini Bisa Dikendarai

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sepeda berbahan kardus.
Foto: grist.org
Sepeda berbahan kardus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa jadinya jika sebuah sepeda terbuat dari kardus? Ide inilah yang dikembangkan oleh pecinta sepeda Izhar Gafni.

 

Gafni mulai bereksperimen membuat sepeda dari karton tebal sejak tiga tahun lalu. Saat itu idenya muncul ketika melihat sesorang yang membuat sebuah perahu dari kertas kardus. “Pada dasarnya, ide ini seperti membuat origami Jepang,” kata Gafni seperti yang dilansir Grist.org, Senin (12/1).

 

Berbekal ide tersebut, Gafni kemudian mulai menekuk kertas kardus dan membentuknya sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Gafni kemudian melapisi potongan-potongan tersebut dengan resin untuk memperkokoh sepeda. Sehingga ketika terkena hujan, sepeda tidak hancur. Dan terakhir membalutnya dengan cat.

 

Menariknya, sepeda karton ini mampu menahan beban hingga 300 pounds orang dewasa. Dan biaya pembuatannya hanya sebesar 10 dolar AS.

 

Kehadiran sepeda ini tentu bisa menjadi alat transportasi alternatif bagi masyarakat prasejahtera. Karena tak lama lagi, Gafni akan memulai menjual sepeda ini dengan harga 60-90 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement