Jumat 09 Jan 2015 02:52 WIB

Park Shin-Hye, Bintang Muda yang Terus Bersinar

Rep: C66/ Red: Julkifli Marbun
Park Shin Hye
Foto: soompi.com
Park Shin Hye

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki suara yang indah, Park Shin-Hye yang saat itu masih duduk di kelas enam bangku Sekolah Dasar (SD) disarankan mengikuti audisi musik. Saat itu, audisi musik diadakan oleh perusahaan Dream Factory di Seoul, Korea Selatan.

Bermula atas saran dari guru privatnya tersebut, Shin-Hye kecil pergi ke Ibu Kota negeri ginseng. Disanalah, ia mulai menemukan bakat seni yang ternyata mengalir dalah darahnya. Kemampuan vokalnya semakin diasah, juga dalam memainkan musik seperti keyboard dan gitar.

Wanita kelahiran Gwangju, 18 Februari 1990 itu pun mulai berkiprah di dunia hiburan. Pada 2003, ia ditunjuk menjadi model utama video klip lagu 'Ggot' yang dinyanyikan oleh Lee Seung Hwan. Di tahun yang sama itu pula, ia lolos audisi dan berhasil memerankan tokoh remaja bernama Han Jung-suh di film drama Stairway to Heaven.

Kesuksesan yang didapat pada usia remaja ini terus membuat karirnya meningkat. Bahkan, atas perannya di film Stairway to Heaven, Shin-Hye mendapat penghargaan dari SBS Drama Awards dengan kategori Best Young Actress.

Sejak saat itu, karir Shin-Hye sebagai aktris semakin gemilang.  Pada 2006, ia mendapat tawaran bermain di drama seri Tree of Heaven. Kali ini, bungsu dari dua bersaudara itu mendapat peran utama dan beradu akting dengan mantan lawan mainnya di Stairway to Heaven, Lee Wan.

Di tahun yang sama, Shin-Hye juga memulai debut pertamanya sebagai aktris layar lebar. Ia bermain sebagai Byeon-ja, dalam film bergenre drama romantis Love Phobia.

Setahun kemudian, tepatnya pada 2007 Shin-Hye kembali menunjukan kebolehan aktingnya di layar lebar. Kali ini ia mendapat peran utama di film bergenre horor Evil Twin. Di tahun itu juga, ia kembali bermain dalam drama seri Goong S (Prince Hours).

Hanya berselang dua tahun dari sana, Shin-Hye semakin menarik perhatian publik dengan bakat tarik suara yang ia miliki. Pada 2009, ia memerankan sebuah drama musikal berjudul You're Beautiful. Disana, selain bernyanyi, ia juga menunjukan kebolehannya dalam menari.

Beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Shin-Hye kemudian juga menjadi original sountrack dari You're Beautiful. Terdapat dua lagu yang dibawakan secara solo yaitu Lovely Day dan Without Words.

Pada 2010, Shin-Hye kembali bermain di film layar lebar bertema komedi romantis berjudul Cyrano Agency. Saat itu, kesuksesan film ini membawa nama Shin Hye semakin melambung. Di tahun yang sama, ia bahkan tampil sebagai pemeran utama di dalam drama Taiwan berjudul Hayate The Combat Butler.

Tahun berikutnya, Shin-Hye kembali beradu akting dengan Jung Yong Hwa, lawan mainnya di drama musikal You're Beautiful. Kali ini keduanya bermain di drama seri Heartstring.

Debut sebagai aktrisnya terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pada 2012, ia mendapatkan perant utama di drama spesial KBS entertainment berjudul Don't Worry I'm A Ghost. Ia kemudian membintangi sekuel ketiga drama seri Flower Boy yang tayang pada awal 2013.

Di tahun 2013 itu juga Shin-Hye kembali tampil di film layar lebar berjudul Miracle in Cell No. 7. Di film ini, ia berkesempatan dengan bintang senior diantaranya Ryu Seung-ryong, Oh Dai-su, dan Jung Jin-young. Film bertema komedi mengharukan ini sukses menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan saat itu, dengan angka penjualan tiket mencapai 12.320.000.

Setelah itu, Shin-Hye bermain dalam mega drama The Heirs. Dalam drama ini, ia berpasangan dengan aktor Korea yang juga tengah naik daun yaitu Lee Min Ho. The Heirs menjadi salah satu drama terfavorit pada 2013.

Baru-baru ini pula, Shin-Hye tampil dalam film layar lebar bertema kolosal The Royal Tailor. Ia berperan sebagai Queen atau ratu, yang merupakan salah satu peran utama di film tersebut.

Menurut Shin-Hye, ini adalah pertama kalinya ia berakting dalam sebuah film kolosal. Ia yang mengaku sempat mengalami kesulitan saat tampil pun mengatakan harus mempelajari teknik bermain di film dengan genre tersebut dari para senior.

Usaha itu tidak sia-sia. Sutradara The Royal Tailor, Lee Won Suk memuji akting Shin-Hye yang baik sepanjang film. Penampilan Shin-Hye yang natural dikatakan olehnya sangat menambah warna film dengan latar belakang masa Dinasti Joseon.

"Tidak hanya aku yang memuji Park Shin-Hye. Banyak sutradara lain yang menuji akringnya dan kami yakin kelak ia semakin bersinar dan menjadi aktris terkemuka di industri perfilman Korea," ujar Won Suk.

Shin-Hye juga membintangi serial televisi Pinocchio pada 2014. Bersama dengan Lee Jong-suk, keduanya tampil di serial yang berjumlah 20 episode ini.

Raih Puluhan Penghargaan

Sejak berusia 13 tahun, Park Shin-Hye telah meraih penghargaan saat bermain sebagai pemain pendukung pemeran utama dalam drama seri Stairway to Heaven. Kategori yang ia dapatkan yaitu Best Young Actress mengantarkan aktris yang tengah menempuh pendidikan Teater dan Film di Chung-Ang University itu terus menerima penghargaan lainnya.

Pada 2007, ia kembali memenangkan penghargaan dari MBC Entertainment Awards sebagai pendatang baru terbaik. Pada 2009, melalui perannya yang memukau di You're Beautiful, Shin-Hye meraih penghargaan dengan kategori New Star Award dari SBS Drama Awards.

Selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pada 2010, 2011, dan 2012, Shin-Hye mendapat penghargaan sebagai aktris paling terpopuler. Pertama ia meraih kategori Most Popular Actress setelah berperan sebagai pemain pendukung di film Cyrano Agency dari 47th Baeksang Arts Awards. Kedua dari LETV Movies & TV Series Awards melalui film yang sama dan ketiga mendapat penghargaan yang sama setelah bermain di drama Heartstrings.

Ia juga memenangkan aktris terbaik dengan akting spesial dalam drama Don't Worry, I'm a Ghost. Di tahun berikutnya 2013, menjadi tahun penuh penghargaan bagi Shin-Hye.

Ia memenangkan berbagai penghargaan dari film dan mega drama yang dimainkannya diantaranya Miracle in Cell No. 7 dan The Heirs. Penghargaan di tahun itu juga berasal dari negara tetangga yaitu Cina yang mana menobatkan Shin-Hye sebagai aktris luar negeri terpopuler. Penghargaan atas popularitasnya ini juga diberikan oleh K-Star Awards.

Baru-baru ini, melalui debut di serial televisi Pinocchio, Shin-Hye meraih tiga penghargaan sekaligus dari SBS Drama Awards. Pertama penghargaan sebagai 10 bintang top, kedua sebagai aktris yang bermain dalam drama spesial, dan ketiga bersama dengan Lee Jong-Suk sebagai pasangan terbaik.

Hobi Olahraga

Selama hampir 10 tahun Park Shin-Hye berkarir di dunia hiburan. Ia mengakui berakting, bernyanyi, dan menari merupakan hobinya. Namun, ia mengatakan masih ada kegemaran utamanya yaitu olahraga.

Dalam melakukan hobinya ini, Shin-Hye memiliki waktu khusus. Ia mengatakan selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga mengingat hal itu juga menjadi suatu keharusan agar menjaga kesehatan dan bentuk tubuhnya.

Dalam urusan ini, Shin-Hye memiliki jenis olahraga yang menjadi favoritnya. Ia mengatakan sangat menyukai berbagai jenis olahraga air, mulai dari berenang, menyelam, ski air, dan snorkeling.

Selain menjaga kesehatan dengan berolahraga, Shin-Hye juga mengungkapkan rahasia menjaga kesehatan yang ia terapkan. Hal ini yaitu banyak meminum air putih.

"Tubuh saya harus terus terjaga. Selain olahraga, minum air putih secara rutin saya lakukan," ujar Shin-Hye.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement