Selasa 06 Jan 2015 12:29 WIB

8 Cara Agar Tetap Bersyukur di Tengah Kegagalan (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Doa adalah salah satu cara mengungkapkan syukur.
Foto: Republika/Tahta Aidilla/c
Doa adalah salah satu cara mengungkapkan syukur.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Mungkin ada di antara Anda baru saja mengalami masa-masa buruk, kegagalan dalam hidup. Entah berhenti dari pekerjaan, hubungan dengan pasangan berakhir setelah bertahun-tahun bersama atau lainnya. Hidup pun tampak seperti rantai masalah yang tak pernah berakhir.

Tapi ketahuilah, selalu ada hal positif di dalam berbagai situasi yang Anda hadapi. Tapi kebanyakan orang hanya bisa melihat kekesalan dan rasa lelah di balik masa-masa sulit yang dihadapi. Ketika segala sesuatu berjalan tak semestinya, Anda tidak harus berpikir Anda sedang bernasib nahas. Sebaliknya, Anda harus keluar dari situasi itu dan bersyukur atas semua yang Anda miliki hari ini. 

Berikut delapan cara sederhana supaya tetap bersyukur di tengah kegagalan hidup, dilansir dari Womanitely, Selasa (6/1).

7. Berhenti Membandingkan Hidup Anda dengan Orang Lain

Ketika semua masalah belum beres, kehidupan Anda tampaknya lebih buruk dibandingkan kehidupan orang lain. Jika Anda masih berpikir begitu, Anda harus segera menyingkirkannya. 

Anda tidak pernah tahu bagaimana kehidupan orang lain sebenarnya terlihat dari dalam. Anda tidak memiliki pemahaman lengkap tentang masalah mereka dan mungkin saja rasa sakitnya lebih dalam dari masalah yang Anda hadapi.

Cobalah untuk mengurus urusan Anda sendiri dan jangan pernah membandingkan nasib Anda dengan orang lain.

8. Singkirkan kebencian

Perasaan benci mencegah Anda bersyukur atas apa yang dimiliki. Ini seperti lingkaran setan. Anda tidak harus berpikir bahwa itu adalah nasib buruk, cobalah untuk menerima masa-masa sulit sebagai satu hal yang kebetulan saja. 

Pertimbangkan situasi itu sebagai tantangan beharga untuk menguji karakter dan kemauan Anda. Cobalah untuk membagi kehidupan Anda ke dalam aspek-aspek penting, seperti karier, orang tua, kesehatan, persahabatan, keuangan, dan segala sesuatu yang Anda anggap penting. 

Anda akan melihat anya menerima satu titik kesulitan dari berbahgai aspek kehidupan yang bersifat sementara ini. Tidak peduli seberapa merepotkannya hidup, Anda harus membuang rasa putus asa. 

Setiap kemunduran menawarkan beberapa keuntungan untuk disyukuri. Setelah Anda menyadarinya, maka Anda akan memiliki pandangan yang lebih positif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement