Senin 05 Jan 2015 12:10 WIB

Ingin Umrah? Jangan Tergiur Harga Murah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Umroh (ilustrasi)
Foto: Tourandtravel
Umroh (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lamanya antrean haji membuat sebagian dari kita memutuskan melakukan ibadah umrah terlebih dahulu. Tak heran bisnis travel umrah tumbuh dengan pesat.

Tetapi, banyak pula kita baca di media maupun kita jumpai korban penipuan travel umrah abal-abal. Padahal ibadah umrah juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan sebagian dari kita juga memerlukan menabung beberapa tahun untuk bisa umrah.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa umrah dengan tenang tanpa takut tertipu travel abal-abal? Tips dari Perencana Keuangan dari FinMap Malang, Herastu Rizka Widorini berikut mungkin bisa menjadi masukan. Kepada Republika Online, Senin (5/1) berikut tips yang ia berikan:

Tentukan jenis dan lama perjalanan yang diinginkan

Maksudnya apakah hanya umroh saja ataukah termasuk jalan-jalan ke tempat lain. Beberapa travel menawarkan paket umroh plus jalan-jalan ke Eropa, Mesir, Turki, ataupun tempat-tempat lain. Ini akan berpengaruh pada lamanya jangka waktu perjalanan. Demikian juga paket umroh saja tanpa jalan-jalan juga memiliki periode jangka waktu yang berbeda. Bahkan ada paket umroh Ramadhan full 30 hari.

Pilih-pilih travel

Setelah menentukan jenis perjalanan yang diinginkan, berikutnya bisa mulai memilih travel mana yang kita pilih. Tidak ada syarat khusus dalam memilih travel, hanya perlu dipastikan track record sebelumnya dalam membawa jamaah. Bisa dicek melalui jamaah yang pernah menggunakan layanannya, website perusahaan travelnya, maupun mengumpulkan info dari grup-grup pengajian. Nama baik sangat diperlukan dalam hal ini.

Jangan tergiur harga murah

Pada dasarnya harga paket perjalanan umroh tidak jauh berbeda untuk periode hari yang sama. Perbedaan biasanya terjadi karena maskapai yang digunakan, kelas bintang hotel untuk akomodasi, isi kamar (umumnya dua sampai lima orang). Demikian pula semakin panjang periode perjalananya akan memberikan harga paket yang berbeda. Sering kita jumpai promo travel umroh yang menawarkan harga murah, tetapi ini harus diperhatikan lebih lanjut biaya apa saja yang tidak termasuk. Kebanyakan biaya visa, handling bagasi, vaksinasi dan lainnya akan ditarik terpisah.

"Ujung-ujungnya juga harga paket akan hampir sama dengan travel lain," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement