Senin 29 Dec 2014 05:09 WIB

Chris Brown dan Usher Bersaing di Ajang Grammy Mendatang

Rep: C91/ Red: Indira Rezkisari
Musisi Adele berpose usai memenangkan sejumlah penghargaan musik Grammy Awards beberapa tahun lalu.
Foto: Reuters
Musisi Adele berpose usai memenangkan sejumlah penghargaan musik Grammy Awards beberapa tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Ajang penghargaan paling bergengsi di Amerika Serikat, Grammy Award akan segera hadir kembali untuk mengapresiasi para musisi dunia yang sudah berkarya selama 2014. Rencananya, perhelatan yang telah memasuki tahun ke-57 ini digelar pada 8 Februari mendatang.

Puluhan artis pun berhasil masuk menjadi nominator dalam 83 kategori yang dipersiapkan oleh National Academy of Recording Arts and Sciences. Beberapa nama baru seperti Iggy Azalea, Bastille, Brandy Clark, dan lainnya, turut meramaikan daftar artis yang masuk nominasi.

Seperti setiap tahunnya, Grammy Award tak hanya diberikan kepada mereka yang beraliran musik pop, melainkan juga R&B, Rock, Metal, bahkan Alternatif. Sehingga para musisi yang bermain di jalur musik tersebut tak perlu khawatir.

Dikutip dari situs Grammy Award, pada kategori Best Rock Performance, nominasinya terdiri dari Ryan Adams dengan ‘Gimme Something Good’, Arctic Monkey lewat lagu ‘Do I Wanna Know?’, Beck dengan ‘Blue Moon’, The Black Keys ‘Fever’, dan Jack White lewat karyanya ‘Lazaretto’.

Dalam kategori Best Rock Song, nominasinya pun hampir sama dengan kategori sebelumnya, namun Arctic Monkey tak termasuk, yang dinominasikan justru band asal Amerika Serikat, Paramore dengan lagu ‘Ain’t It Fun’.

Selanjutnya di kategori Best Rock Album, nama Beck, Ryan Adams, serta The Black Keys dinominasikan kembali, melawan Tom Petty & The Heartbreakers dan U2. Album ‘Hypnotic Eye’ dari Tom Petty & The Heartbreakers, serta ‘Songs of Innocence’ dari U2, ternyata cukup menarik perhatian para pecinta musik rock, sehingga sangat layak dinominasikan dalam kategori tersebut.

Beberapa band beraliran Metal seperti Anthrax, Mastodon, Motorhead, Slipknot, dan Tenacious, juga berhasil menjadi bagian dari kategori Best Metal Performace. Lagu ‘The Negative One’ dari Slipknot sendiri merupakan karya terbaru band legendaris itu, setelah enam tahun tak merilis lagu baru, maka tak heran bila masuk dalam nominasi, karena antusiasme penggemarnya masih cukup tinggi.

Pada Best Alternative Music Album, Alt-J dengan ‘This Is All Yours’ masuk sebagai nominasi, melawan ‘Reflektor’ milik Arcade Fire, ‘Melophobia’ dari Cage the Elephant. St. Vincent dengan ‘St. Vincent’ dan Jack White lewat album ‘Lazaretto’. Kendati musik Alternatif kalah populer dibandingkan aliran lainnya, tetapi para penikmatnya tak sedikit.

Salah satu musik yang paling banyak digemari adalah R&B, industri musik Amerika sendiri dikenal sebagai pusatnya R&B, maka wajar bila para penyanyi seperti Beyonce, Chris Brown, Usher, Jennifer Hudson, serta Ledisi, harus bersaing dalam kategori Best R&B Performance. Bahkan Beyonce, Usher, dam Chris Brown harus bersaing pula dengan Luke James, juga Jhene Aiko dalam kategori Best R&B Song.

Sedangkan untuk Best R&B Album, nominasinya adalah Bernhoft dengan ‘Islander’, Aloe Blacc ‘Lift Your Spirit’, Toni Braxton & Babyface ‘Love, Marriage & Divorce’, Robert Glasper Experiment ‘Black Radio 2’, dan Sharon Jones & The Dap-King melalui album ‘Give the People What They Want’. Melihat daftar nominator, tentu membuat kita penasaran, siapa yang bakal menjadi pemenangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement