Selasa 23 Dec 2014 10:19 WIB

Tips Mengemas Koper Liburan Muslimah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Persiapkan liburan dengan matang agar perjalanan Anda menyenangkan.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Persiapkan liburan dengan matang agar perjalanan Anda menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Masa liburan panjang tinggal beberapa hari saja. Pergi berlibur pun menjadi salah satu kegiatan yang akan dilakukan untuk menutup tahun. Termasuk bagi para Muslimah. Lalu, bagaimana cara mengemas isi koper liburan yang praktis bagi Muslimah?

Desainer busana Muslim, Jenahara Nasution mengatakan barang yang dibawa untuk berlibur tergantung dari tempat wisata tujuan kita. Jika ingin berlibur ke Bali yang cuacanya cenderung panas, tentu saja akan berbeda dengan berlibur ke Puncak yang cuacanya cenderung dingin.

Tapi pada dasarnya, ia menyarankan agar Anda membawa pakaian yang nyaman. Misalnya bawa atasan dan celana dari bahan kaos yang mudah menyerap keringat, atau bisa pula dari bahan linen, katun atau rayon.

Bagaimana untuk outer wear? Menurut Jenahara, jika ingin ke Bali yang panas, outer menurutnya tidak perlu dibawa. Tapi kalau pergi ke daerah dingin outer ini wajib dibawa.

Untuk segi warna, sebaiknya gunakan warna yang netral, warna monokrom seperti hitam atau abu-abu. “Tapi kalau mau ke Bali, boleh pakai yang warna-warni,” katanya.

Jenahara mengingatkan jangan lupa membawa sepatu kets dan juga sandal jepit. Untuk membawa perlengkapan liburan, bawa tas besar yang bisa memuat semua perlengkapan, jangan lupa bawa pula tas kecil yang mudah dibawa ke mana-mana.

Lalu untuk jilbab, jika ingin berlibur, sebaiknya gunakan jilbab yang simpel. Misalnya jilbab segi empat berbahan paris yang adem dan menyerap keringat. Cara menggunakannya pun tidak perlu ribet, gunakan gaya hijab yang simpel pula supaya tidak menganggu aktivitas liburan Anda.  “Untuk berlibur bawa perlengkapan yang santai dan nyaman,” ujarnya.

Untuk riasan wajah saat berlibur, menurut Jenahara tidak perlu yang rumit. Cukup gunakan bedak dan lipgloss saja. Dan jangan lupa membawa sunblock jika ingin ke daerah panas seperti Bali. Sementara untuk aksesoris, jangan lupa membawa kacamata hitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement