Rabu 10 Dec 2014 12:01 WIB

Cara Ini Bantu Anda Lebih Kuat Bersepeda (2-Habis)

Rep: Satya Festiani/ Red: Indira Rezkisari
Bersepeda/ilustrasi
Foto: Antara
Bersepeda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang suka bersepeda, ada enam latihan yang bisa membuat Anda lebih kuat mengayuh alat transportasi yang Anda sukai tersebut. Seperti yang dikutip dari Total Womens Cycling, Rabu (10/12), latihan-latihan tersebut dapat dilakukan di rumah.

Cobalah melakukan latihan tersebut dua kali seminggu selama masing-masing 30 menit. Anda akan merasakan perbedaannya.

4. Deadlifts

Deadlifts adalah latihan terbaik untuk mengencangkan otot hamstring di paha dan otot pinggul. Punggung bawah juga akan bekerja ketika akan melakukan latihan ini.

Pakaikan sebuah bar dengan berat 8 kilogram ketika melakukan deadlifts. Tempatkan bar tersebut di lantai. Membungkuklah untuk mengambil bar tersebut. Angkat bar tersebut. Lalu tahan. Ulangi beberapa kali.

5. Squats

Squats adalah latihan yang juga sangat efektif untuk mengencangkan otot pinggul. Mulailah dengan berdiri di depan kursi. Duduklah seperti biasa. Angkat pantat Anda hingga tidak lagi menyentuh kursi. Tangan Anda menjulur ke depan. Usahakan agar lutut Anda tidak melebihi ujung jari. Tahan posisi tersebut selama 2-5 detik.

6. Lunges

Lunges juga latihan yang sangat baik untuk pesepeda karena mengencangkan otot hamstring. Anda membutuhkan beban seperti barbel untuk melakukan latihan ini.

Mulailah dengan berdiri tegak. Pegang barbel dengan kedua tangan di atas kepala. Langkahkan kaki kanan ke depan. Tekuk lutut kiri Anda hingga hampir menyentuh lantai. Jangan sampai lutut kanan melebihi ujung jari kanan. Tahan. Lalu angkat. Selanjutnya, lakukan dengan dengan kaki kiri di depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement