Rabu 10 Dec 2014 11:47 WIB

Cara Ini Bantu Anda Lebih Kuat Bersepeda (1)

Rep: Satya/ Red: Indira Rezkisari
Bersepeda/ilustrasi
Foto: Antara
Bersepeda/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang suka bersepeda, ada enam latihan yang bisa membuat Anda lebih kuat mengayuh alat transportasi yang Anda sukai tersebut. Seperti yang dikutip dari Total Womens Cycling, Rabu (10/12), latihan-latihan tersebut dapat dilakukan di rumah.

Cobalah melakukan latihan tersebut dua kali seminggu selama masing-masing 30 menit. Anda akan merasakan perbedaannya.

1. Plank

Plank dapat melatih otot dari paha hingga pundak. Latihan ini sangat bagus untuk pesepeda karena punggung yang kuat memberikan kestabilan yang baik. Latihan ini juga mencegah cidera pada punggung bawah yang biasanya terjadi ketika anda mengendarai sepeda terlalu lama.

Plank sangat mudah dilakukan, tetap pastikan punggung Anda lurus. Jangan sampai pantat Anda menonjol ke atas ketika melakukannya. Berhentilah ketika akan kelelahan.

2. Tricep Dips

Memiliki tangan dan pundak yang kuat akan membantu Anda mengontrol sepeda serta mencegah keletihan. Tricep Dips akan menguatkan otot trisep Anda.

Caranya, mulailah dengan posisi seperti Anda mau duduk di kursi. Lalu, tempatkan telapak tangan Anda pada ujung kursi dengan jari menghadap ke depan. Dengan kedua tangan masih di ujung kursi, tarik badan Anda ke bawah dengan kaki lurus ke depan. Usahakan pantat Anda hampir menyentuh lantai. Tahan. Lalu, tarik kembali ke atas. Lakukanlah sebanyak yang Anda bisa.

3. Push Up

Press up akan membentuk tangan, perut dan juga punggung Anda. Jika Anda tidak kuat melakukannya dengan posisi kaki yang lurus, Anda bisa melakukannya dengan posisi lutut di lantai. Usahakan punggung Anda lurus. Cobalah untuk menekan tubuh Anda serendah mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement