Rabu 10 Dec 2014 11:28 WIB

Mau Pedikur di Rumah? Ini Caranya

Rep: Satya Festiani/ Red: Indira Rezkisari
Pedikur sendiri
Foto: indianbeautyworld.com
Pedikur sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa bilang pedikur hanya bisa dilakukan di salon? Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Hasilnya pun tak kalah dengan di salon. Harganya pun jauh lebih terjangkau. Seperti yang dikutip dari All About You, Selasa (9/12), ini caranya.

Langkah pertama adalah bersihkan cat kuku yang masih menempel. Cara terbaik untuk membersihkannya tanpa mengotori kulit adalah dengan mencelupkan kapas pada pembersih cat kuku. Lalu tempel kapas tersebut pada kuku. Diamkan selama 30 detik. Tekan dengan jempol agar kapas dapat menyerap semua cat. Lalu dorong kapas ke depan. Cat kuku akan hilang dalam satu usapan.

Langkah kedua adalah bentuk kuku Anda. Kikir kuku untuk mengurangi panjangnya. Buatkan ujungnya untuk mencegah kuku tumbuh ke dalam. Bagi kuku yang terkelupas, bilas kikir dengan air sebeum digunakan.

Langkah berikutnya adalah perhatikan tumit. Gosok tumit menggunakan batu. Ahli kuku dari Sally Hansen, Jessica Hoffman, mengatakan, jangan pernah menggunakan pisau atau parutan untuk menghilangkan kalus pada kaki.

Setelahnya, rendamlah kaki selama 10 menit dalam larutan garam laut untuk menghilangkan kulit kering. Selain ampuh untuk mengangkat kulit kering, merendam kaki juga dapat membuat anda lebih mudah memotong kuku.

Setelah 10 menit, keringkan kaki. Lalu gunakan scrub. Scrub yang baik memiliki butiran yang lembut bagi kaki bagian atas, tetapi cukup keras untuk menggosok telapak kaki dan tumit. Jika tumit pecah-pecah, gosok kulit yang kering dengan batu. Lalu oleskan salep berbahan dasar gliserin dua kali sehari.

Selalu gunakan pelembab pada kaki. Namun, hindari penggunaan lotion pada kuku karena dapat menyebabkan cat kuku mudah terkelupas. Pijat lotion pada kaki dengan gerakan lambat. Pijatlah dari mata kaki menuju lutut. Kurangi tekanan dari lutut menuju mata kaki.

Jika ingin mengecat kuku anda, gunakan pemisah jari. Oleskan base coat pada semua kuku anda. Lalu oleskan dua lapisan cat kuku. Akhiri dengan top coat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement