Kamis 04 Dec 2014 12:01 WIB

Langkah-Langkah Menjadi Teman yang Baik (1)

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Ada beragam tipe sahabat, pastikan sahabat Anda bisa membuat hidup jadi lebih indah.
Foto: Prayogi/Republika
Ada beragam tipe sahabat, pastikan sahabat Anda bisa membuat hidup jadi lebih indah.

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang ingin memiliki teman, tapi tidak semua orang bisa menjadi teman yang baik. Pertama-tama, mari mencari tahu apa persahabatan. Jika Anda ingin memiliki lebih banyak teman sejati, berikut ini tujuh cara menjadi teman atau sahabat yang baik seperti dikutip dari laman Womanitely, Kamis (4/12).

1. Menjadi orang yang berguna bagi teman

Teman terbaik adalah bagian penting dari hidup Anda. Dengan segala cara, jangan menjadi orang yang kikir  dan serakah dengan orang terdekat dan tersayang Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda harus menyediakan teman dengan uang dan barang sepanjang waktu.

Setidaknya, Anda bisa membantu teman Anda dengan bantuan kecil, jika mereka meminta bantuan Anda. Sebisa mungkin, saat melakukan ini, Anda melakukannya tanpa permintaan. Lagipula, bantuan itu tidak selalu berbentuk materi kan?

2. Jangan bermuka dua

Saat ini, banyak orang yang siap mengorbankan persahabatan dan melakukan suatu hal untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Teman yang tidak baik tentu dapat dengan mudah menyembunyikan kecurangan di balik senyum palsu.

Sering terjadi bahwa kepribadian yang lemah, akan membuat mereka tidak berani mengatakan kebenaran pahit dan mulai mengakhiri persahabatan. Mereka mulai menjelek-jelekkan mantan teman-teman mereka. Jika Anda ingin memiliki teman sejati, Anda harus jauhi sikap bermuka dua.

3. Menekan ambisi Anda

Ambisi bukanlah hal yang buruk.Tetapi ketika berurusan dengan persahabatan, Anda harus berhati-hati dengan ambisi tersebut.

Jika Anda lebih merendahkan teman-teman Anda, maka cepat atau lambat mereka akan melihat kualitas negatif Anda. Persahabatan Anda tidak akan bertahan lama, jika Anda tidak membuat upaya untuk menekan api ambisi Anda.

Sebaiknya Anda mengembangkan keterampilan untuk membangun dan memperkuat persahabatan. Bukan hal yang sebaliknya, yakni berfokus pada keunggulan dan ambisi destruktif.

4. Luangkan lebih banyak waktu dengan teman-teman

Anda tidak akan menemukan waktu untuk bertemu atau bergaul dengan teman-teman Anda, jika persahabatan bukanlah prioritas bagi Anda. Anda tidak perlu untuk mengunjungi klub malam atau membuat pesta. Anda hanya bisa bertemu di suatu tempat di taman dan berbagi perasaan Anda, yang merangsang emosi dan kebahagiaan.

Anda perlu percaya  bahwa komunikasi yang menyenangkan dengan teman-teman adalah terapi terbaik terhadap kesedihan. Selain itu, bisa menjadi sumber positif dan makna terbesar dalam hidup bagi banyak orang. Hal ini karena teman-teman yang benar pasti memberikan inspirasi dan suasana hati yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement