Rabu 03 Dec 2014 14:55 WIB

Tips Atasi Tumit Hitam (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Lemon (ilustrasi)
Foto: En.wikipedia.org
Lemon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mempunyai masalah tumit hitam atau coklat. Ada banyak alasan penyebabnya. 

Kulit di pergelangan kaki misalnya yang menjadi gelap karena gesekan konstan dengan dengan nsepatu. Ini biasanya terjadi pada anak-anak dan orang tua. 

Masalah lain yang mungkin pernah Anda hadapi adalah area pergelangan kaki yang terlihat lebih gelap karena terlalu banyak duduk bersila langsung ke lantai atau kondisi kesehatan tertentu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips efektifnya, dilansir dari My Health Today, 

1. Pasta almond

Anda bisa menggunakan campuran pasta almond untuk mengurangi kadar kegelapan pergelangan kaki. Ambil 10-15 biji almond dan giling menjadi pasta halus dalam blender dengan menambahkan air. 

Tambahkan satu sendok makan madu dan campurkan. Oleskan campuran itu di pergelangan kaki selama satu jam. Cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini setiap hari selama 10 hari untuk melihat hasil nyatanya.

2. Jus lemon

Jus lemon merupakan ekstrak alami yang memiliki sifat antiseptik dan manfaat lain untuk tubuh. Ini juga merupakan obat rumahan efektif jika siku Anda gelap. 

Caranya, potong 2-3 potong lemon menjadi dua bagian dan ekstrak lemon segar itu. Oleskan jus ini secara merata pada pergelangan kaki gelap lalu biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air setelah 30 menit dan ulangi prosedur ini dua kali sehari. Anda akan melihat gelap di pergelangan kaki Anda berkurang dalam 7-8 hari.

3. Gel lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah gel alami yang baik untuk mengobati pergelangan kaki gelap. Buatlah jus lidah buaya dan oleskan di pergelangan kaki Anda, biarkan selama 30 menit. Ulangi proses ini setiap hari dan Anda akan melihat kulit hitam di pergelangan kaki Anda semakin hilang.

4. Gliserin dan air mawar

Gliserin memiliki sifat pemutih tertentu yang efektif mengurangi kegelapan di pergelangan kaki Anda. Campurkan gliserin dengan air mawar dalam mangkuk kemudian aduk rata. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk campuran ini. 

Oleskan campuran pada wilayah hitam di pergelangan kaki Anda dan biarkan selama 45 menit. Bilas dengan air hangat kemudian keringkan. Ulangi setidaknya 5-6 kali sepekan untuk melihat perubahan efektif selama 10 hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement