Selasa 02 Dec 2014 11:28 WIB

Tips Membuat Dana Liburan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.
Foto: dok Republika
Siapkan dana liburan dengan baik agar liburan bisa dinikmati dengan tenang dan menyenangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Akhir tahun sudah di depan mata. Bagi banyak orang, akhir tahun sama dengan berlibur.

Untuk bisa berlibur, tentu saja membutuhkan dana yang  tidak sedikit. Bagaimana sih cara menyiapkannya? Berikut ini tips membuat dana liburan yang diberikan oleh Perencana Keuangan dari Tata Dana Consulting, Diana Sandjaja, CFP, kepada ROL, Selasa (2/12)

1. Tetapkan batasan dana yang ingin digunakan sebagai anggaran liburan. Buatlah alokasi untuk transportasi, akomodasi, rekreasi dan konsumsi. Serta siapkan juga alokasi untuk dana cadangan.

2. Sumber dana bisa diambil dari penyisihan penghasilan bulanan ataupun alokasi dari bonus tahunan atau kombinasi keduanya.

3. Sisihkan dalam rekening tabungan karena umumnya perencanaan liburan termasuk tujuan keuangan jangka pendek.

4. Jangan menunggu sampai tanggal liburan mendekat, buatlah persiapan jauh-jauh hari agar bisa memilih transportasi dan akomodasi dengan penawaran terbaik. Manfaatkan sistem pemesanan via internet untuk mendapat harga lebih terjangkau. Pastikan mengaksesnya dari situs yang terpecaya dan berhati-hati terhadap penipuan online dan phising kartu kredit.

5. Gunakan kartu kredit hanya sebagai alat untuk mempermudah transaksi. Jangan sampai berlibur enam hari tetapi masih ada tagihan cicilan sampai enam bulan ke depan. Pastikan ada dana untuk melunasi tagihan sebelum bertransaksi dengan kartu kredit.

6. Gunakan kesempatan membuat dana liburan sebagai percobaan untuk membuat tujuan keuangan lain, seperti dana liburan jangka panjang alias dana pensiun.

Selamat mencoba tips membuat dana liburan dan selamat menikmati liburan dengan tenang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement