Sabtu 29 Nov 2014 16:21 WIB

Tutupi Kekurangan Wajah dengan Make Up

Rep: Desy Susilawati/ Red: Hazliansyah
Make up artist
Foto: Rakhmawaty/Republika
Make up artist

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bentuk wajah Anda tak sesuai keinginan? Misalnya pipi terlalu tembem, hidung kurang mancung atau dahi yang terlalu lebar. Jangan khawatir, semua itu bisa diakali dengan menggunakan makeup yang sesuai.

Penata Rias yang juga Hijab Stylist dari Anie Creativity, Anie mengatakan tidak usah bingung dengan kekurangan di wajah. Karena untuk menyeimbangkan bentuk wajah dalam bermake up, yang sangat perlu diperhatikan adalah konturnya.

"Semakin baik dalam menguasai kontur wajah yang dirias, semakin bagus hasil keseluruhan riasan," ujarnya kepada Republika Online (ROL), Sabtu (29/11).

Teknik countouring atau kontur adalah teknik merias dengan menyembunyikan bagian yang kurang sempurna misal pipi "chubby", hidung besar atau dahi lebar. 

Caranya dengan shadding yaitu foundation berwarna cokelat mengarah ke cokelat tua yang lebih gelap dari warna kulit kita, dipakai untuk memberi kesan tirus pada pipi. Atau bisa juga untuk double cin (dagu yang berlipat) maupun bentuk wajah yang tidak seimbang kanan dan kirinya (bopeng).

Sementara teknik untuk menonjolkan bagian wajah dapat menggunakan teknik highlight. Yaitu foundation berwarna putih atau krem yang lebih terang dari warna kulit. Gunanya untuk membuat kesan tinggi pada bagian tertentu seperti tulang hidung, dahi, atas bibir dan dagu. 

Highlight dan shadding berbentuk creamy dapat diaplikasikan menggunakan sponge atau kuas sebelum memakai bedak usai foundation. Sementara untuk yang bertekstur padat (compact) dapat digunakan setelah bedak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement