Jumat 28 Nov 2014 16:36 WIB

Menguasai Bahasa Inggris Tidak Hanya Soal Kosakata

Anak-anak belajar bahasa Inggris/ilustrasi
Foto: activetalk.com.my
Anak-anak belajar bahasa Inggris/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dikuasai, terlebih di era globalisasi seperti sekarang ini. Namun untuk menguasainya bukanlah hal mudah. 

Lars Berg selaku Country Director English First di Indonesia mengatakan, menguasai bahasa Inggris tidak hanya ditentukan oleh kemampuan bicara dan penggunaan kosakata semata. 

"Juga dibutuhkan rasa percaya diri dan kebiasaan untuk menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Lars Berg. 

Dengan terbiasa maka kemampuan akan terasah. Tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga orang di sekitarnya. 

"Karena pada dasarnya bahasa itu sifatnya menular. Ketika anak-anak terbiasa menggunakan bahasa Inggris, teman-teman atau orang di sekitarnya akan terdorong untuk belajar dan mengikuti," kata dia. 

Hal itulah yang kemudian menjadi landasan English First menggelar Spelling Bee Competition. Ajang ini efektif meningkatkan kemampuan mengeja, menambah kosa kata, mempelajari konsep bahasa dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. 

"Ini adalah ajang yang ke-10, tujuanya membantu anak-anak meningkatkan kemampuan membaca dan menulis bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan," kata dia. 

Kompetisi yang dapat disaksikan masyarakat umum ini terbagi untuk tiga kategri, kelas 1 hingga 3 Sekolah Dasar (SD), kelas 4 hingga 6 SD, dan kelas 1 hingga 3 Sekolah Menengah Pertama.

Kompetisi tersebut telah berlangsung belum lama ini di Gedung Smesco, Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement