Jumat 28 Nov 2014 12:05 WIB

Frustrasi Serangan Srigala, Ratusan Domba Dilepas di Menara Eiffel

Rep: c 84/ Red: Indah Wulandari
Domba yang dilepas di Menara Eiffel
Foto: reuters
Domba yang dilepas di Menara Eiffel

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS—Lantaran frustasi dengan serangan serigala pada ternaknya, para petani Perancis berbondong-bondong ke Menara Eiffel dengan membawa ratusan domba. 

Mereka menuntut pemerintah melakukan tindakan yang efektif dalam menghentikan serangan serigala."Hari ini para petani, besok pengangguran," sebut tulisan di salah satu spanduk yang dibawa pengunjuk rasa dilansir Arab News, Kamis (27/11).

Setelah aksi menggegerkan wisatawan itu, para pengunjuk rasa dijadwalkan akan bertemu Menteri Pertanian Perancis Stephane Le Foll, Jumat (28/11) dan mereka berharap domba-dombanya diperbolehkan untuk dibawa ke kantor Kementerian Pertanian tersebut.

 "Karena kita tidak bisa lagi melindungi domba-domba kami, kami akan meminta pemerintah untuk menjaga mereka, " ucap seorang demonstran.

Kemarahan para petani Perancis terus meningkat menyusul naiknya populasi serigala di wilayahnya dan meminta pemerintah segera bertindak. Data resmi terakhir pada Agustus lalu menunjukkan 4.800 serangan serigala, sebagian besar terhadap domba telah terjadi sepanjang tahun ini.

Angka ini seribu lebih banyak daripada yang terjadi pada 2013."Kami menentang serigala saat mereka menyerang peternakan kami, " ujar Claude Font, Kepala Organisasi Petani Domba dari wilayah tengah Auvergne.

Para petani tidak sendirian menyuarakan aspirasinya mengingat di sisi lain di bawah Menara Eiffel juga ada demonstrasi tandingan yang dilakukan oleh aktivis hak-hak binatang yang menyerukan bahwa serigala harus dilindungi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement