Sabtu 15 Nov 2014 14:13 WIB

Tip Bersepeda di Musim Hujan

Bersepeda di musim hujan. Ilustrasi
Foto: Sportku
Bersepeda di musim hujan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim penghujan telah datang. Bagi anda yang kerap kali bike to work alias bersepeda ke kantor, ataupun turing, kondisi ini tentu perlu menjadi perhatian agar perjalanan bisa berlangsung aman dan nyaman.

Berikut ini beberapa tip yang bisa dilakukan selama bersepeda di musim hujan seperti dilansi Sportku, Jumat (15/11).

Rain Coat

Lengkapi diri dengan rain coat (mantel hujan) dan pastikan selalu dalam pannier atau tas. Bila di tengah perjalanan turun hujan, maka anda tinggal mengenakannya dan melanjutkan perjalanan sampai ke tujuan.

Lindungi Barang Bawaan dengan Kantong Plastik

Masukkan semua barang bawaan, terutama benda elektronik, ke dalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam pannier atau tas. Tujuannya agar barang-barang tersebut tetap kering dan bisa digunakan meski harus bersepeda di bawah guyuran hujan. Jangan percaya sepenuhnya pada tas tahan air. Sebab semahal apapun tas tersebut, belum tentu tahan air sepenuhnya.   

Gunakan Fender

Bagi sepeda yang belum dilengkapi dengan perangkat ini atau bagi yang sudah memiliki, tapi lebih sering tersimpan di dalam gudang, inilah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Cipratan air atau kotoran dari ban bisa menggangu pandangan dan membuat baju mudah kotor. Dengan fender, anda bisa tetap melaju dengan nyaman dan lebih bersih.

Waspada di Perjalanan

Hujan mengakibatkan permukaan jalan basah dan membuat ban mudah tergelincir. Jadi, tetaplah waspada dan jaga keseimbangan selama bersepeda. Usahakan untuk tidak melakukan manuver secara mendadak atau berbelok secara tiba-tiba karena hal itu bisa menyebabkan anda terjatuh.

Bersihkan Sepeda

Usai bersepeda menembus hujan, air dan kotoran tentu akan menempel pada sepeda. Setelah tiba di tujuan atau rumah, siram sepeda dengan air agar kotoran yang melekat pada frame atau komponen lain luruh. Selanjutnya lap sepeda dengan kain penyerap atau kain kering untuk mencegah munculnya karat pada sepeda.

Konsumsi Multivitamin

Bila tubuh mulai merasa kurang nyaman, segera konsumsi multivitamin supaya tubuh segera fit kembali dan siap bersepeda lagi.

Selamat mencoba! 

sumber : www.sportku.com

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement