Selasa 11 Nov 2014 16:02 WIB
Kesehatan

Apakah Pengobatan TBC Akan Mengganggu Pekerjaan?

Kuman TBC
Foto: .
Kuman TBC

REPUBLIKA.CO.ID, Sore dok, saya mau bertanya. Saya adalah penderita TBC. Apakah kira-kira badan saya akan lemas terus selama 6 bulan? Saya juga bekerja, kira-kira kalau saya bekerja akan mengganggu pengobatan saya kah?

Terima kasih.

Fery Zatmiko

Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaannya. Pasien TB yang diobati secara baik dan teratur biasanya akan mengalami perbaikan dalam 1-2 bulan pertama. Gejala – gejala yang dialami sebelumnya akan berkurang atau bahkan hilang bila gejala penyakit TB tidak berkurang (seperti batuk, sesak, nyeri dada, demam, keringat malam, penurunan nafsu makan, dan sebagainya).

Maka perlu dilakukan evaluasi diagnosis (apakah kuman masih sensitif dengan obat yang diberikan) atau evaluasi cara minum obat (apakah sudah sesuai anjuran). Perbaikan gejala ini sering dijadikan alasan bagi pasien untuk berhenti minum obat.

Hal ini tidak boleh terjadi karena walaupun sudah merasa sehat, kuman TB yang ada dalam tubuh belum seluruhnya mati. Dalam hal bekerja, umumnya pasien dapat bekerja seperti biasa selama pengobatan dan pengobatan tidak terganggu oleh pekerjaan. Ada beberapa efek samping obat yang dapat mengganggu pekerjaan namun umumnya ringan dan dapat diatasi.

Konsultasikan dengan dokter yang merawat bila hal tersebut terjadi.

Terima kasih.

dr Ina Ariani K.M, SpP

Spesialis Kesehatan paru-paru di RS Meilia Cibubur

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement