Senin 03 Nov 2014 16:09 WIB

Peggy Melati Sukma, Gemar Membaca Sejak Kandungan

Rep: sonia fitri/ Red: Damanhuri Zuhri
Peggy Melati Sukma.
Foto: IST
Peggy Melati Sukma.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Soal gemar membaca, artis cantik Peggy Melati Sukma bisa jadi panutan. Bintang sinetron kelahiran Cirebon 13 Juni 1977 ini mengaku sudah gemar membaca sejak dalam kandungan. Lho kok bisa?

Peggy mengungkapkan, kedua orang tuanya, Raden Ating Sukma dan sang ibu, Aty Latieva Attamimi, sejak kecil mengakrabkan dirinya dengan buku.

''Sejak dalam kandungan, saya telah diakrabkan dengan dunia buku oleh kedua orangtua,'' ungkapnya pada Republika, Senin (3/11).

Makanya, dalam usia tiga tahun, Peggy sudah pandai membaca. “Ini yang juga harus dilakukan para orangtua pada anaknya, membiasakan diri dan mengakrabkan diri untuk membaca, mulai dari dalam kandungan,” tuturnya mengisahkan.

Merespons persebaran buku bacaan yang tidak merata ke daerah, Artis yang telah menyabet berbagai penghargaan ini menilai hal tersebut merupakan konsekuensi dari negara Indonesia yang merupakan Negara kepulauan.

Namun, keadaan tersebut, kata Peggy, justru harus menjadi pekerjaan rumah bersama, dalam memudahkan keterjangkauan masyarakat dalam membaca buku.

“Semua harus kerja sama, kebijakan ada di pemerintah, soal aktivitas baca ada di para penggiat buku dan soal minat berangkat dari diri masing-masing masyarakat,” paparnya.

Pihak-pihak yang disebutkannya tadi punya tanggung jawab membuka jalur distribusi yang sebaik-baiknya agar bisa sampai ke daerah dengan mudah.

Ia memperhatikan, perkembangan semangat membaca buku semakin meningkat di masyarakat dilihat dari makin banyaknya event yang terkait dengan pameran buku, bermunculannya komunitas buku dan book fair yang selalu ramai, utamanya Islamic Book Fair.

Artis yang juga aktif dalam dunia sosial dan pendidikan ini menyebut, strateginya mengkampanyekan masyarakat agar senang membaca buku dengan cara terus berinteraksi dengan para pegiat buku. Selain itu, lewat berbagai media, ia pun selalu menyampaikan kebaikan-kebaikan dari membaca buku.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement