Rabu 29 Oct 2014 09:32 WIB

Makanan Ini Berfungsi Pula Sebagai Pembersih Rumah (1)

Timun
Foto: foodlve.com
Timun

REPUBLIKA.CO.ID, Saos tomat rasanya cukup enak. Apalagi dimakan sebagai cocolan ayam goreng atau kentang goreng. Tapi tahukah Anda kalau saos tomat juga efektif untuk menyemir barang-barang tembaga.

Saos tomat bukan satu-satunya bahan masakan atau makanan yang memiliki fungsi ganda. Faktanya, seperti dikutip dari Huffington Post, Rabu (29/10), beberapa bahan makanan memiliki kegunaan lain yang tidak disangka.

Ini dia beberapa makanan yang berfungsi ganda sebagai pembersih.

1. Kulit pisang bisa menyemir barang perak

Jangan dulu membuang kulit pisang. Koleksi barang perak di rumah yang mulai tak berkilap bisa kembali bersinar setelah digosok bagian dalam kulit pisang. Barang perak pun tampil bak baru dibeli.

2. Timun menghilangkan noda di dinding

Timun memiliki beragam kegunaan sebagai pembersih. Kulitnya bisa dipakai menghilangkan noda di atas meja dan dinding. Bila Anda ingin kaca di kamar mandi tidak berembun, coba gosokan timun ke kaca.

3. Saos tomat untuk mencerahkan panci tembaga

Caranya sangat mudah, tuang sedikit saos tomat ke atas kain lalu semir barang tembaga. Biarkan selama lima hingga 30 menit, asam dalam saos tomat akan menghilangkan noda suram di tembaga.

4. Bawang membersihkan alat pemanggang

Alat pemanggang terkadang sulit dibersihkan karena minyak dan bekas panggangan yang menempel. Untuk menghilangkannya, potong dua bawang dan gosokkan ke alat pemanggang. Sebelumnya panaskan dulu pemanggang untuk membantu menggosongkan sisa makanan, matikan api, lalu gosok dengan bawang mentah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement