Jumat 24 Oct 2014 13:42 WIB

Ingin Berenergi? Hindari Kebiasaan Ini (3-Habis)

Kafein juga ditemukan dalam minuman bersoda
Foto: .
Kafein juga ditemukan dalam minuman bersoda

REPUBLIKA.CO.ID, Kekurangan waktu tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa energi tubuh Anda terkuras. Berikut ini akan dipaparkan 13 kebiasan umum yang dapat membuat anda merasa lelah menurut para ahli.

9. Meja kerja Anda berantakan

Menurut sebuah studi dari Universitas Princeton, meja berantakan bisa membatasi kemampuan Anda untuk fokus dan kemampuan otak Anda untuk memproses informasi.

"Di akhir hari, pastikan pekerjaan dan barang-barang pribadi Anda terorganisir. Ini akan membantu Anda mengawali hari esok yang positif," ujar Lombardo.

10. Tetap bekerja selama liburan

Lombardo mengatakan, membiarkan diri untuk benar-benar bersantai memungkinkan pikiran dan tubuh untuk muda kembali dan kembali ke kantor dalam kondisi lebih kuat.

"Ketika Anda benar-benar beristirahat, Anda akan lebih kreatif, produktif, dan efektif ketika Anda kembali bekerja," ujar dia.

11. Periksa email jelang tidur

Menurut medical director of New York Neurology & Sleep Medicine, P.C., di New York, Allen Towfigh, MD, cahaya silau dari layar tablet, smartphone atau komputer Anda dapat menghilangkan ritme sikardian tubuh alami Anda dengan melepaskan melatonin -- hormon yang membantu meregulasi siklus tidur dan bangun dari tidur.

Sensitivitas cahaya digital perangkat teknologi berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya, namun secara umum, sebaiknya jauhi semua perangkat teknologi, satu atau dua jam sebelum tidur.

Jika hal ini dirasa sulit, sebisa mungkin pegang perangkat teknologi dengan jarak 14 inci dari wajah Anda untuk mengurangi risiko gangguan tidur.

12. Terlalu banyak konsumsi kafein sepanjang hari

Dr. Towfigh mengatakan, sejumlah studi memperlihatkan, tiga cangkir kopi sehari bagus untuk Anda. Namun, penggunaan kafein yang tidak semestinya dapat menganggu siklus tidur Anda secara serius. Kafein menghalangi adenosin, sel aktif yang menghantarkan Anda tertidur.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine memperlihatkan, mengonsumsi kafein enam jam sebelum waktu tidur mempengaruhi tidur Anda.

13. Tidur terlalu larut di akhir pekan

Dr. Towfigh mengatakan, beraktivitas terlalu larut di Sabtu malam lalu tidur di Minggu pagi akan mempersulit Anda tidur pada Minggu malam. 

Dia menyarankan, cobalah untuk bangun seperti hari biasanya dan beristirahatlah di siang hari selama 20 menit. Menurut Dr. Towfigh, beristirahat selama 20 menit dapat memberikan kesempatan pada tubuh Anda mengisi ulang energi tanpa harus memasuki masa tidur yang terlalu dalam-- yang menyebabkan Anda bangun lebih lelah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement