Jumat 24 Oct 2014 13:28 WIB

Ingin Berenergi? Hindari Kebiasaan Ini (2)

Semangkung muesli dengan stoberi dan buah segar untuk sarapan (ilustrasi)
Semangkung muesli dengan stoberi dan buah segar untuk sarapan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kekurangan waktu tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa energi tubuh Anda terkuras. Berikut ini akan dipaparkan 13 kebiasan umum yang dapat membuat anda merasa lelah menurut para ahli.

5. Cemas berlebihan

Kecemasan berlebihan seperti menganggap Anda akan dipecat hanya gara-gara bos memanggil secara tiba-tiba, atau mengharapkan skenario terburuk akan selalu terjadi pada Anda dapat melumpuhkan dan membuat mental Anda lelah.

Ketika Anda berpikir negatif, ambilah napas dalam-dalam dan bertanya pada diri sendiri seberapa besar kemungkinan itu buruk itu akan terjadi. Cobalah ke luar ruangan, berolahraga atau berbagi keprihatinan dengan seorang teman. Hal ini akan membantu Anda lebih realistis.

6. Melewatkan sarapan

Makanan yang merupakan bahan bakar tubuh, dan ketika Anda tidur, tubuh terus menggunakannya. Jadi, ketika Anda bangun di pagi hari,  Anda perlu untuk mengisi bahan bakar tubuh dengan sarapan, jika tidak maka Anda merasa lesu.

"Sarapan itu seperti menghidupkan api di tubuh Anda dengan membantu mendorong metabolisme Anda," kata Goodson.

Dia merekomendasikan sarapan yang mencakup biji-bijian, protein tanpa lemak, dan lemak sehat. Contoh yang baik termasuk oatmeal dengan bubuk protein dan selai kacang; smoothie yang dibuat dengan buah, bubuk protein, susu rendah lemak, dan mentega almond; atau telur dengan dua iris roti panggang gandum dan yogurt rendah lemak.

7. Konsumsi "junk food"

Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana memiliki peringkat tinggi soal indeks glisemik (GI), indikator seberapa cepat karbohidrat meningkatkan gula darah.

Lonjakan gula darah diikuti penurunannya secara tajam menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Oleh karena itu, jagalah gula darah agar tetap stabil dengan mengonsumsi makanan berprotein dan gandum. Pilihan yang baik ialah ayam (dipanggang, tidak digoreng) dan beras merah, salmon dan ubi jalar, atau salad dengan ayam dan buah.

8. Anda bermasalah mengatakan "tidak"

Menyenangkan orang lain tak jarang mengorbankan energi dan kebahagiaan Anda. Lebih buruk lagi, hal ini dapat membuat Anda kesal dan marah dari waktu ke waktu.

Jadi, menurut psikolog Susan Albers, saat atasan memaksa Anda bekerja di hari libur Anda, cobalah berkata "tidak".

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement