Jumat 24 Oct 2014 13:13 WIB

Ingin Berenergi? Hindari Kebiasaan Ini (1)

 Kurang energi mengakibatkan seseorang ingin lebih banyak tidur.
Foto: Republika/Musiron
Kurang energi mengakibatkan seseorang ingin lebih banyak tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, Kekurangan waktu tidur bukanlah satu-satunya alasan mengapa energi tubuh Anda terkuras. Berikut ini akan dipaparkan 13 kebiasan umum yang dapat membuat anda merasa lelah menurut para ahli.

1. Melewatkan olahraga

Melewatkan olahraga untuk menghemat energi benar-benar menghasilkan hal berlawanan. Dalam sebuah studi dari Universitas Georgia, diketahui, orang dewasa sehat yang mulai berolahraga ringan tiga kali seminggu selama 20 menit merasa kurang lelah dan lebih bersemangat setelah enam minggu.

Olaharaga rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu membuat sistem kardiovaskular Anda berjalan lebih efisien, dan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda.

2. Kurang minum air

Pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD, mengatakan, kekurangan cairan atau dehidrasi berdampak pada menurunnya tingkat energi. 

Menurut dia, dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, yang membuat darah lebih tebal. Hal ini menjadikan jantung memompa kurang efisien, mengurangi kecepatan di mana oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ.

3. Kekurangan zat besi

Kekurangan zat besi bisa membuat Anda merasa lesu, mudah marah, lemah, dan tidak mampu fokus. Hal ini menurut Goodson, karena kurangnya oksigen dalam tubub Anda. 

Dia pun menyarankan Anda untuk meningkatkan asupan zat besi demi mengurangi risiko anemia melalui berbagai bahan makanan, seperti daging sapi tanpa lemak, kacang merah, tahu, telur (termasuk kuning telur), sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan selai kacang, dan vitamin C (vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi bila dimakan bersama-sama).

4. Perfeksionis

Profesor psikiatri dari University School of Medicine, Irene S. Levine, PhD, mengatakan, berjuang menjadi sempurna membuat Anda bekerja lebih keras dan lebih lama lebih dari yang diperlukan.

"Anda menetapkan tujuan yang (terkadang) sulit atau tidak mungkin untuk mencapainya, dan pada akhirnya tidak ada kepuasan diri, " ujar Levine.

Levine merekomendasikan, untuk menetapkan batas waktu untuk proyek Anda, dan berhati-hatilah untuk menaatinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement