Jumat 24 Oct 2014 09:30 WIB

Tips Asik Di Dapur Bersama Anak (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Memasak di dapur bisa menjadi aktivitas ibu dan anak yang menyenangkan sekaligus edukatif.
Foto: Prayogi/Republika
Memasak di dapur bisa menjadi aktivitas ibu dan anak yang menyenangkan sekaligus edukatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita semua tahu betapa pentingnya bermain dengan anak, dan kita semua tahu betapa pentingnya makanan sehat untuk mereka. Tapi, koki kecil Anda tak jarang ingin terlibat dalam kegiatan bundanya di dapur.

Tidak peduli apakah si kecil masih batita atau balita, Anda tetap bisa melibatkan mereka di dapur untuk memberikan mereka pelajaran khusus. Bagaimana caranya? Berikut pemaparannya, dilansir dari Brit.co, Jumat (24/10).

1. Siapkan bahan khusus

Siapkan bahan khusus untuk mereka. Anak kecil sering membuang bahan-bahan masakan ke dalam mangkuk. Biarkan mereka bereksperimen dengan takaran bahan masakan khusus mereka, sembari Anda berkonsentrasi dengan makanan Anda.

2. Permainan tekan tombol

Anak-anak kecil suka sekali menekan tombol. Nah, dalam permainan tekan tombol ini, Anda bisa melibatkan anak Anda. Misalnya, ketika Anda meminta mereka menekan tombol di blender, microwave, atau mixer.

3. Membentuk kue

Tangan muda anak-anak Anda bisa membuat layering atau menggabungkan adonan ala mereka. Nah, biarkan mereka memasak masakan seperti pizza atau casserole.

4. Rencana memasak

Anda bisa melibatkan anak-anak untuk memberikan ide tentang apa yang akan mereka makan. Anak bisa diajak untuk membeli bahan makanan ke toko atau supermarket.

5. Mix

Pencampuran dan pengadukan juga disukai anak-anak. Biarkan mereka melakukannya, bukan sekadar menonton. Misalnya, ajak mereka memasukkan tepung ke dalam adona, menuangkan susu, dan sebagainya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement