Kamis 23 Oct 2014 09:15 WIB

Alasan Pentingnya Menabung Sejak Dini (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Menabung sejak dini membantu Anda mencapai lebih banyak tujuan keuangan di masa yang akan datang.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Menabung sejak dini membantu Anda mencapai lebih banyak tujuan keuangan di masa yang akan datang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang harus bisa menyisihkan sebagian uangnya, tidak peduli berapa banyak yang mereka peroleh setiap bulan. Menabung itu sangat mudah dan menyenangkan, namun menghabiskan uang itu biasanya lebih cepat dan lebih menyenangkan.

Hari ini, Anda mungkin berpikir tidak ada gunanya menabung karena Anda belum berkeluarga dan tak ada siapapun yang harus Anda tanggung. Tapi, menabung sejak dini memiliki banyak keuntungan. Ini beberapa alasan penting kenapa Anda harus mulai menabung sejak dini, seperti dilansir dari Womanitely, Kamis (23/10).

1. Pensiun

Sangat penting untuk menyimpan uang Anda untuk masa pensiun. Bahkan, jika itu hanya Rp 100 ribu sebulan, ini lebih baik dibandingkan tak menyimpan apa-apa. Sulit untuk hidup ketika pensiun kerja jika Anda tak memiliki tabungan. Jika Anda berusia 20 tahunan saat ini dan gaji masih kecil, tidak apa-apa, cobalah untuk menyimpan setidaknya Rp 100 ribu per bulan, maka sedikit banyaknya itu akan membantu Anda ketika pensiun.

2. Dana darurat

Menabung untuk kondisi darurat sangat penting. Anda harus punya uang ketika Anda membutuhkannya. Ketika Anda tak punya uang ketika Anda membutuhkannya, sangat mungkin Anda akan terlibat dalam utang. Sedikit apapun tabungan Anda, itu akan sangat membantu Anda ketika dibutuhkan.

3. Menghindari utang

Alasan penting lain untuk mulai menabung sejak sekarang adalah untuk menghindari utang. Saat ini, banyak orang memiliki utang dan Anda mungkin berpikir itu normal. Yang benar adalah, itu tidak normal. Sangat mudah terlibat dalam utang, tetapi sulit untuk keluar dari utang. Mulai menabung hari ini untuk menghindari utang esok hari.

4. Hiburan

Anda tidak boleh lupa bahwa hidup itu bukan hanya untuk bekerja, namun juga perlu dinikmati. Nah, jika sesekali Anda membutuhkan hiburan, maka sudah pasti harus mengeluarkan uang. Hiburan bisa mahal juga, meskipun sekadar pergi ke bioskop dengan teman-teman atau ke tempat karaoke. Anda juga harus menabung untuk kegiatan liburan Anda. Jika Anda tak menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya, maka jangan harap Anda bisa menikmati liburan Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement