Selasa 21 Oct 2014 11:00 WIB
Kesehatan

Perhatikan Prinsip 5T Selama Hamil

Wanita hamil.
Foto: Republika/Prayogi
Wanita hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, Dok, hal apa saja yang perlu diperhatikan selama periode kehamilan? Saya baru hamil pada periode awal dan sedang menyusun jadwal untuk mulai melakukan pemeriksaan nantinya. Terima kasih.

Dian Sukma (27 tahun)

Jawaban:

Hai Mbak Dian, dalam konsepsi kehamilan, maka terdapat prinsip 5T yang harus diingat sebagai panduan penting dalam menjaga kandungan yang sehat bagi ibu dan buah hati. Serta menjadi perhatian dalam pemeriksaan berkala :

1. Timbang berat badan

Pastikan pertambahan berat ibu hamil dalam kondisi yang terbaik dan tidak mengandung risiko bagi kehamilan itu sendiri, tentu hal ini sangat bergantung dari pola makan, asupan dan kondisi fisik sebelum kehamilan, mencegah bayi berat badan lahir rendah.

2. Periksa tekanan darah ibu hamil

Hal ini berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Dampak dari kondisi tekanan darah yang tinggi akan dapat menjadi masalah saat persalinan nantinya, jika selama kehamilan TD di  atas 90 mmHg maka kondisi ini abnormal.

3. Perhatikan Tinggi fundus urteri

Ini perlu menjadi fokus dari pemeriksaan dan konsultasi berkala dalam wilayah pemeriksaan langsung ditangani oleh Spesialis Obgyn.

4. Asupan zat besi dan asam folat

Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko kematian ibu dan janin, persalinan preterm, dan berat badan bayi kecil. Oleh karena itu, konsumsi bijak sumber makanan bayam, daun hijau, kacang, sereal, daging, ayam, ikan, dan asam folat lain.

5. Imunisasi TT (tetanus toxoid)

Hal ini dipergunakan untuk dapat mencegah kuman clostridium tetani yang masuk melalui tali pusat.

Di samping itu terdapat beberapa nasihat lain yang perlu diperhatikan seperti bijak berolahraga dan beraktivitas fisik yang mungkin dapat meningkatkan stamina namun bisa pula menguras energi secara berlebihan.

Hindari alkohol dan rokok, termasuk berhati-hati virus TORCH ketika memelihara kucing, burung dan binatang peliharan lainnya. Jangan makan daging mentah atau setengah matang ditambah sayur dan buah harus dicuci sebelum makan, dan bila suka berkebun, gunakan sarung tangan.

Demikian, semoga dapat menjelaskan, selamat atas kehamilan dan sukses saat persalinan nantinya.

dr S Chandra, SpOG

Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement