Kamis 16 Oct 2014 20:11 WIB

Mengapa Selebritas Asia Sering Sembunyikan Fakta Pernikahan?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Jin Akanishi
Foto: eastasia
Jin Akanishi

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Percaya atau tidak, untuk menjadi idola populer di Asia, seorang bintang harus memiliki penampilan, faktor X tertentu, dan juga status single. Inilah yang kemudian membuat banyak sekali artis di Asia menyembunyikan status personal mereka, baik itu terkait hubungan pacaran atau pernikahan.

Ketika penyanyi dan aktor Jepang, Jin Akanishi yang juga mantan personel Kat-Tun mengumumkan pada media 2012 lalu akan menikahi aktris Meisa Kuroko, Presiden Johnny Entertainment, Johnny Kitagawa mengaku marah besar. Dia menghukum Jin dengan membatalkan seluruh konsernya dan membuat sang artis membayar kerugian pembatalan konser itu dari kantongnya sendiri.

Johnny mengatakan kepada wartawan bahwa Jin harus menimbang konsekuensi kariernya karena pengumuman pernikahan tersebut. Johnny mengatakan keputusan Jin menyimpang dari etiket idola yang tidak mengonfirmasikan rencana dan meminta izin pernikahan pada perusahaan terlebih dahulu.

Di puncak kariernya, Jackie Chan juga menyembunyikan pernikahannya dengan aktris Lin Feng Jiao selama 10 tahun. Ia takut jika penggemarnya saat itu banyak melakukan bunuh diri. 

Asisten Profesor di Nanyang Technological University, Liew Kai Khiun pernah meneliti tentang budaya populer. Dia percaya bahwa idola-idola tertentu justru penting untuk tetap tampil single.

"Banyak sekali penggemar-penggemar kalangan usia muda yang tertarik dengan selebriti yang single. Akan sulit bagi mereka menerima hal-hal seperti (pernikahan) itu," ujar Liew, dilansir dari Lollipop, Kamis (16/10).

Liew menambahkan, menjadi lajang bagi seorang idola menandakan besarnya pengabdian dan loyalitas mereka untuk penggemar. Itu juga yang membuat beberapa manajemen artis di Korea Selatan menyaratkan di dalam kontraknya untuk melarang adanya pacaran atau kencan selama menjalani kontrak keartisannya. Seorang idola harus menjadikan penggemar mereka prioritas nomor satu.

Kecenderungan menyembunyikan pernikahan tampaknya sangat umum terjadi di kalangan selebriti Asia, terutama Asia Timur. Seorang mahasiswa, Huang Shanshan (21 tahun) percaya bahwa ketika seorang idola mengumumkan pernikahan, maka mereka tidak lagi menjadi idola, melainkan hanya manusia biasa pada umumnya. 

Penggemar yang ekstrem bahkan lebih suka jika idola mereka menjadi gay karena tak ada wanita yang bisa memilikinya. Penggemar biasanya baru bisa menerima idola mereka menikah pada usia yang benar-benar matang atau mencapai usia pernikahan pada umumnya.

Sebagai contoh, dua anggota girlband senior Taiwan, SHE, yaitu Selina Jen dan Ella Chen mengumumkan kepada publik pada 2011 dan 2012 bahwa mereka akan menikah. Saat itu, masing-masing umur mereka adalah 30 dan 31 tahun. Selina dan Ella telah tergabung dalam SHE sejak 2001. 

"Penggemar sangat senang disaat itu karena idola mereka telah tumbuh dewasa dan sudah mencapai usia layak menikah," ujar Liew. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement