Rabu 15 Oct 2014 08:57 WIB

Olahraga Pulang Sekolah Tingkatkan Fungsi Otak Anak

Olahraga Usai Sekolah Tingkatkan Kemampuan Berpikir Anak
Foto: Youtube
Olahraga Usai Sekolah Tingkatkan Kemampuan Berpikir Anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  ROLers, jika anak Anda minta izin untuk main bola, main sepeda, atau permainan lain dengan teman-teman sebayanya pulang sekolah, maka izinkan. Mengapa? Karena olahraga sepulang sekolah akan meningkatkan konsentrasi otak dan keterampilan multi-tasking si anak.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa siswa usia sekolah dasar yang dibiasakan berolah raga sepulang sekolah atau melakukan aktivitas fisik lainnya memiliki fungsi eksekutif otak lebih baik dibanding yang tidak. Fungsi eksekutif ini mengacu pada berbagai kesehatan mental dan kemampuan kognitif, meliputi memori, fokus, perhatian, dan kemampuan dalam beralih tugas. 

Peneliti utama dari University of Illinois, Charles Hillman mengatakan bahwa aktivitas fisik si anak itu bukan hanya termasuk olah raga, melainkan juga istirahat.

"Olahraga dan istirahat tersebut mendorong keterampilan akademik dan prestasi anak," kata Hillman dilansir dari Newsmax Health, Rabu (15/10). 

Peneliti melibatkan 221 anak usia 7-9 tahun. Mereka diamati selama 150 hari. Mereka diminta berolah raga atau melakukan aktivitas fisik selama dua jam setelah pulang sekolah. Ini untuk mengukur inhibisi dan fleksibilitas kognitif mereka yang pada dasarnya kemampuan mereka beralih tugas, membaca sesuatu, serta menjawab pertanyaan bacaan.

Para peserta program menunjukkan perbaikan dalam hal konsentrasi. Mereka juga menuai keuntungan dalam hal indeks massa tubuh. Olahraga atau aktivitas fisik pada anak akan mendorong perbaikan otak, meskipun kurang jelas bagaimana aktivitas fisik itu meningkatkan kemampuan berpikir anak.

Neurotransmiter bekerja di otak setelah melakukan aktivitas fisik. Olahraga misalnya akan memengaruhi hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori dan belajar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement