Kamis 09 Oct 2014 16:30 WIB

Alat-Alat Rumah Tangga yang Jarang Dibersihkan (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Kulkas harus rajin dibersihkan agar bersih dan ramah energi.
Foto: Antara
Kulkas harus rajin dibersihkan agar bersih dan ramah energi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin menggosok kamar mandi, mengepel lantai, mencuci seprei, dan menjemur bantal. Namun, Anda mungkin lupa untuk membersihkan beberapa peralatan rumah tangga yang tanpa disadari penuh kuman.

Ini dia daftar alat-alat di rumah yang kerap terlupakan untuk dibersihkan, seperti dilansir dari Brit.co, Kamis (9/10).

6. Kantong belanja

Jika Anda menggunakan kantong belanja ke pasar yang digunakan beberapa kali pakai, maka jangan menyimpannya di tempat tertutup. Justru, simpanlah di tempat terbuka sehingga bakteri tidak mudah berkembang biak di sana.

7. Talenan

Apakah Anda di dapur menggunakan talenan kayu atau plastik? Talenan kayu atau plastik tidak bisa dilemparkan ke dalam mesin pencuci piring. Anda harus rajin membersihkannya secara manual, jika tidak ingin irisan makanan Anda mengandung bakteri jahat sebelum Anda menyantapnya.

8. Kulkas

Jika lemari es Anda berdengung bagaikan pesawat jet 747, maka mungkin sudah saatnya untuk membersihkan alat kumparan kulkas. Kumparan yang kotor akan menambah penggunaan energi listrik Anda dan menyebabkan kulkas Anda kotor.

9. Mesin cuci

Mesin cuci itu untuk memastikan pakaian Anda tetap bersih, tetapi penting untuk membersihkannya juga. Cuka adalah ramuan ajaib yang akan membuat mesin cuci Anda segar dan bersih, sehingga pakaian Anda tetap bersih juga.

10. Alas setrika

Residu bau pakaian atau pewangi pakaian akan lengket ke alas setrikaan. Ada cara sederhana mengatasinya, yaitu menjemurnya atau menebarkan sedikit garam di atasnya ketika sedang tidak digunakan. Ini berguna untuk membunuh kuman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement