Kamis 09 Oct 2014 14:59 WIB
Kesehatan

Langkah Mewujudkan Impian

.
Foto: Prayogi/Republika
.

REPUBLIKA.CO.ID, Bu, saya sering memiliki cita-cita dan mimpi yang besar. Tidak jarang hal itu tidak tercapai dan saya harus memendam ambisi tersebut. Di sisi lain, seringkali lingkungan saya mencibir apa yang sedang saya kerjakan dalam mewujudkan impian tersebut. Sebaiknya saya bagaimana ya, Bu?

Wahyu (27 tahun)

Jawaban :

Saudara Wahyu yang baik, memang sudah seharusnya setiap orang memiliki impian. Karena dengan memiliki impian atau cita-cita setidaknya seseorang tahu apa yang diinginkan dalam hidup ini. Kita bebas menciptakan impian kita setinggi apapun, namun pada praktiknya tidak semua impian dapat menjadi kenyataan.

Sebuah impian yang tidak disertai dengan usaha untuk mewujudkannya, maka selamanya akan tetap hanya sebagai impian. Kesuksesan tidak akan pernah datang dengan sendirinya tetapi harus disertai dengan niat, tekad, dan upaya yang sungguh-sungguh.

Kalau selama ini anda sering mengalami kegagalan dalam meraih impian, sebaiknya Anda mencoba melihat pada diri Anda sendiri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

1. Fokus pada objek yang sedang dikerjakan dan jangan pernah merasa bosan.

2. Berpikir positif, tidak takut mengambil risiko.

3. Tidak berhenti belajar di bidang ilmu yang Anda tekuni dan selalu ingin mempelajari hal-hal baru.

4. Terus mengeksplorasi dan menggali potensi diri. Jika dana mencukupi, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan yang akan menambah nilai Anda.

5. Untuk menambah motivasi, Anda bisa membaca kisah orang-orang sukses atau langsung bertanya kepada orang sukses yang ada di sekitar Anda.

6. Memiliki sikap sabar sehingga mampu dalam memutuskan dan mengatasi masalah dengan tepat.

7. Percaya diri dan yakin kalau Anda mampu mewujudkan cita-cita Anda.

8. Biasakan berpikir ulang sebelum melangkah.

9. Mensyukuri semua yang telah Anda capai selama ini.

10. Kecewa karena gagal itu wajar saja tetapi jangan diteruskan. Ingatlah bahwa kegagalan adalah masa lalu dan hari ini adalah hari yang berbeda yang harus dijalani dengan lebih baik. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran agar tidak terulang lagi di masa datang.

Semoga bermanfaat, salam sukses!

Dian Permatasari, MPsi

Psikolog Klinis di RS Meilia Cibubur

 

 

Kolom Dokter Kita diasuh oleh RS.Meilia Cibubur

Kirim pertanyaan Anda ke email : [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement