Rabu 08 Oct 2014 13:22 WIB

Meningkatkan Kapasitas Sebuah Bisnis

Untuk bertahan dalam bisnis, pengusaha harus jeli melihat tren.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Untuk bertahan dalam bisnis, pengusaha harus jeli melihat tren.

REPUBLIKA.CO.ID, Pak, keluarga kami sudah hampir 10 tahun memproduksi cheese stick. Tetapi penjualan masih dalam taraf rumahan, bagaimana mengembangkan kapasitas usahanya, ya, pak?

Ertus (28 tahun)

Jawaban :

Dear Bapak Ertus, sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat. Optimisme adalah bentuk dari semangat untuk menjalankan usaha secara positif dan hal itu sungguh luar biasa. Idealnya memang semakin lama berkecimpung dan menggeluti sebuah usaha, semakin besar pula eskalasi dalam skala usaha tersebut, terkait dengan kedalaman pemahaman dan pengetahuan terkait di bisnis itu.

Sebuah produk memang memiliki life cycle, mulai dari initial, growth, mature, hingga akhirnya decrease. Dalam hal ini, yang perlu dipertahankan adalah bagaimana cara agar produk yang kita miliki tetap berada pada masa growth to mature dan menjauh dari fase decrease, karena di periode inilah keuntungan secara maksimal dapat dihasilkan.

Kemudian, bagaimana caranya agar usaha yang digeluti senantiasa tumbuh,berkembang dan tetap berada di fase mature? Adalah dengan cara selalu melakukan evaluasi dan jeli melihat peluang pasar.

Evaluasi yang dilakukan antara lain meliputi tingkat produktivitas, efisiensi sumber daya, menambah varian rasa dan kemasan produk, melakukan exercise atas harga, metode penjualan, promosi dan distribusi. Semakin kompleks hal yang perlu dievaluasi bila kita hendak memperkuat posisi produk.

Jeli melihat peluang pasar artinya mampu menangkap permintaan dan keinginan pasar yang selalu berkembang dan berubah-ubah sehingga bisa dilakukan penyesuaian terhadap produk yang Bapak tawarkan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan permintaan pasar, termasuk membuka pasar permintaan baru serta responsif dalam menjawab permintaan pasar.

Berkomunikasi dengan pelanggan dan bersamaan dengan hal tersebut, perlu dipastikan komitmen untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan, yang dapat disikapi dengan kemampuan produksi yang memadai. Oleh karena itu peningkatkan kapasitas produksi, harus dilandaskan pada permintaan pasar.

Kombinasi dari evaluasi dan jeli memanfaatkan peluang dan pasar yang tersedia adalah sebagian langkah yang dapat dijadikan sarana dalam mengembangkan usaha. Tentu secara operasional, kendala langsung yang dihadapi dapat diidentifikasi untuk kemudian merumuskan strategi yang akan bisa sesuai dengan persoalan.

Dalam bisnis, metode pengelolaan akan berlangsung dalam konsep Plan-Do-Check-Action secara terus menerus dan berkesinambungan, sehingga didapatkan formula yang sesuai dengan kondisi yang dihadapi dari waktu ke waktu. Demikian yang dapat disampaikan, tetap semangat dan salam entrepreneur.

Khoirunnisya

Financial Advisor Specialist

Konsultan di Entrepreneur Institute

 

Rubrik konsultasi ini bekerja sama dengan Entrepreneur Institute.

www.entre-institute.com

Kirimkan pertanyaan ke: [email protected]

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement