Rabu 01 Oct 2014 16:12 WIB

Tips Menyimpan Sepatu dengan Rapi (1)

Sepatu
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, Begitu mudah dibeli, sangat susah disimpan. Kata-kata tersebut menggambarkan perasaan Kaum Hawa yang hobi berbelanja sepatu, tapi tidak punya ruang yang cukup untuk menyimpan sepatu-sepatunya.

Sepatu tidak seperti pakaian yang bisa digantung atau dilipat. Sebaliknya, sepatu tak mudah ditata rapi kecuali memiliki ruangan khusus sepatu.

Laman Downlinen membagi tips menyimpan sepatu, seperti dikutip Rabu (1/10). Pilih solusi apa yang paling sesuai dengan ruang yang dimiliki di rumah.

1. Solusi praktis

Jika prioritas Anda adalah menjaga sepatu tetap rapi dengan pasangannya dan bisa menatanya dengan rapi di ruangan kecil, cari tempat penyimpanan berupa rak sepatu atau wadah sepatu yang digantung.

Rak sepatu yang bertingkat, memberi ruang lebih di lantai untuk kebutuhan lain. Pilih rak yang multilevel, letakkan dekat pintu keluar rumah dan isi dengan sepatu yang paling sering dipakai. Sisakan ruang lagi di bagian bawah lemari pakaian dengan sepatu yang hanya dikenakan saat ada acara istimewa.

Wadah sepatu yang digantung memilih kantung untuk setiap pasang sepatu. Wadah seperti ini bisa digantung di balik pintu untuk menghemat tempat. Tapi, jangan gantung sepatu model bot atau sepatu hak tinggi. Wadah gantung hanya cocok untuk alas kaki seperti sepatu tanpa hak, sendal, dan loafer.

2. Solusi butik

Jika Anda memiliki koleksi sepatu yang cukup berharga, kenapa tidak memamerkannya? Salah satu caranya adalah dengan meletakkannya di rak buku, dengan kubik-kubik sebagai tempat menaruh sepatu. Letakkan hanya satu pasang sepatu di setiap kubik. Tata semenarik mungkin.

Cara ini tak hanya membuat sepatu Anda mudah ditemukan, tapi juga akan membuat ruangan bak sebuah butik alas kaki.

3. Solusi tangga sepatu

Metode ini hanya cocok untuk rumah dengan tata ruang tertentu. Jika Anda mempunyai tangga di rumah, manfaatkan ruang di tangga itu dengan menjajarkan satu atau dua pasang sepatu di tiap anak tangga.

Solusi ini akan berguna bila rumah dihuni oleh beberapa orang dan orang rumah kerap kesulitan mencari sepatu yang ingin dipakainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement